Garuda Satukan Rute Makassar-Medan-Jeddah

Garuda Indonesia
Sumber :
VIVAnews - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menyatukan nomor penerbangan untuk rute penerbangan pulang pergi antara Makassar, Medan, dan Jeddah.
Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan menegur maskapai penerbangan yang merupakan salah satu BUMN milik pemerintah tersebut karena dianggap telah melanggar perizinan dengan menggunakan dua nomor penerbangan untuk rute tersebut.
5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

"Garuda Indonesia saat ini sudah menyatukan nomor penerbangan untuk rute tersebut," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo di kantornya di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu, 10 Januari 2015.
Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Arif menjelaskan, Garuda Indonesia sebelumnya menggunakan nomor GA-626 untuk penerbangan sektor Makassar menuju Medan, dan GA-986 untuk penerbangan dari Medan menuju Jeddah. Sedangkan untuk rute sebaliknya, Garuda menggunakan nomor GA-987 untuk penerbangan dari Jeddah ke Medan, dan GA-627 untuk penerbangan dari Medan ke Makassar.

Kemudian dimulai tanggal 1 Januari 2015, kata Arif, Garuda Indonesia telah secara resmi menggunakan 1 nomor penerbangan, yakni GA-986/GA-987 untuk rute tersebut. Namun demikian pada kenyataannya, Kementerian Perhubungan hingga tanggal 9 Januari 2015  menemukan bahwa Garuda Indonesia masih menggunakan 2 nomor penerbangan sebelumnya untuk rute tersebut.

Menurut Arif, hal itu disebabkan oleh keterlambatan dari Garuda Indonesia sendiri dalam mengganti nomor penerbangan di sistem reservasi. Arif belum bisa memastikan siapa yang bertanggungjawab atas keteledoran ini, namun menurutnya atas masalah administrasi ini, Kementerian Perhubungan tidak perlu lagi melakukan pembekuan izin terbang Garuda untuk rute tersebut.

"Kita akan tindak tegas siapa yang membuat (penggantian nomor penerbangan di sistem reservasi) bisa terlambat seperti ini. Intinya, semua penerbangan kami berizin untuk semua rute, tidak ada perubahan sedikit pun untuk semua pesawat, dan kita sudah penuhi semua persyaratan perizinan dari pemerintah," ujar Arif.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya