Polri: Budi Gunawan Clear And Clean dari Rekening Gendut

Komjen Pol Budi Gunawan
Sumber :
  • sttik-ptik.ac.id

VIVAnews - Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Ronny F Sompie, menegaskan, calon Kapolri yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo yakni Komisaris Jenderal Budi Gunawan bebas dari kepemilikan rekening gendut.

Menurut Ronny, bukan hanya Budi Gunawan, sederet nama jenderal yang pernah diterpa isu kepemilikan rekening berlebihan tersebut juga tidak terbukti.

Nggak ada permasalahan soal rekening gendut, kalau ada pasti sudah diproses lebih dulu di lingkungan internal Polri. KPK dan PPATK juga tidak pernah menyebut Komjen Budi Gunawan bermasalah atas kepemilikan rekening gendut, semua sudah clear and clean," ujar Ronny, Minggu, 11 Januari 2015.

Sementara itu, terkait Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) para petinggi Polri, kata Ronny, sudah menjadi kewajiban mereka untuk melaporkan harta kekayaan masing-masing.

“Kewajiban dari masing-masing perwira tinggi, apalagi dengan promosi jabatan, ketika menjabat kapolda atau kapolri itu kan wajib lapor rutin, laporannya ke KPK,” kata dia.

Menurut Ronny,  pada 2010, PPATK merilis informasi bahwa Budi Gunawan merupakan salah satu dari beberapa jenderal yang diduga memiliki rekening gendut. Daftar nama itu diberikan ke Polri untuk selanjutnya ditelusuri oleh Polri.

Setelah ditelusuri, kata Ronny, hasilnya diserahkan kembali ke PPATK. “Saat itu hasilnya tidak bermasalah. Kalau ada hasil yang mencurigakan, pasti sudah ditindaklanjuti saat itu juga,” ujarnya.

Lanjut Ronny, Budi Gunawan merupakan sosok yang memiliki jiwa leadership kuat dalam memimpin institusi kepolisian dan mau mengayomi bawahan.

"Sejak pertama saya kenal beliau, dia orang yang bisa mengayomi bawahan, punya jiwa leadership kuat dan mau bekerja bersama-sama" kata dia.

Seperti diketahui, Budi Gunawan saat ini merupakan Kepala Lembaga Pendidikan (Kalemdik) Polri yang sudah ditunjuk Presiden sebagai Kapolri baru pengganti Jenderal Sutarman yang akan memasuki masa pensiun.

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Jokowi menunjuk Komjen Budi Gunawan dengan Surat bernomor R-01/Pres/01/2015 ini dibuat tanggal 9 Januari 2015. (one)

Baca juga:


Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Menghadiri Halal Bi Halal Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menilai siapapun yang memimpin Indonesia harus mewujudkan tujuan bangsa.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024