Basarnas Temukan Sayap dan Mesin Pesawat AirAsia

Pemindahan bangkai ekor pesawat AirAsia QZ8501 di Pelabuhan Kumai
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
VIVAnews - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Marsekal Madya TNI F Henry Bambang Sulistyo, mengumumkan bahwa para anak buahnya kembali menemukan potongan tubuh pesawat AirAsia QZ8501. Kali ini, yang ditemukan adalah bagian dari sayap dan mesin pesawat.
Setahun Tragedi AirAsia, Keluarga Belum Menerima Santunan

Sulistyo mengungkapkan bahwa lokasi penemuan itu kurang lebih 1,9 Mil laut dari tempat ditemukannya ekor pesawat di Selat Karimata. Menurut dia, objek tersebut sudah dikonfirmasi oleh para penyelam yang diterjunkan kesana.
Setahun Tragedi AirAsia QZ8501 Diperingati di Surabaya

"Ada objek yang diduga bagian dari pesawat dan dikonfirmasi penyelam-penyelam kita. Saya belum dapat gambar karena visibility di bawah kurang bagus, tapi itu adalah bagian wing (sayap) dan serpihan bagian engine (mesin) pesawat," kata Sulistyo, dalam jumpa pers di kantor Basarnas, Jakarta, Minggu 11 Januari 2015.
Airbus Juga Bersalah pada Jatuhnya AirAsia QZ8501

Lebih lanjut, Sulistyo menyebut pihaknya juga menemukan diduga sebuah lubang di dasar laut. Lubang tersebut diduga terbentuk akibat hantaman bagian dari pesawat.

"Di dasar laut ditemukan dugaan lubang, tapi sudah tertutup dengan tanah baru. Jadi bukan karang, tapi dugaan lubang tertutup tanah baru, bercampur lumpur, itu kita duga adalah impact dari bagian pesawat," tutur dia.

Sulistyo menambahkan, untuk pencarian korban pada hari ini, pihaknya tidak mendapatkan hasil. "Hari ini tidak ditemukan. Jumlah korban sampai saat ini tetap 48," tukas dia. (ren)

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya