Menteri Perhubungan Akan Naikkan Gaji Pilot

61 Penerbangan dari 5 Maskapai Langgar Izin Rute Terbang
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVAnews
Setahun Tragedi AirAsia QZ8501 Diperingati di Surabaya
- Kementerian Perhubungan akan menaikkan gaji dan penghasilan pilot-pilot Indonesia.

Airbus Juga Bersalah pada Jatuhnya AirAsia QZ8501

"Saya sudah mengajukan agar dilakukan perbaikan kesejahteraan pilot sesuai kewajaran," kata Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan dalam perbincangannya di
Terungkap Misteri Jatuhnya AirAsia QZ8501
tvOne , Minggu malam, 11 Januari 2015.


Selama ini, Jonan melihat ada ketidakseimbangan antara penghasilan pilot dan tingginya pertumbuhan industri penerbangan Indonesia. "Industri penerbangan tumbuh 10 sampai 20 persen, pasti distorsi secara administrasi sangat besar. Penghasilan pilot cuma Rp3,5 juta," papar Jonan.


Penghasilan pilot dinilai sangat jauh dari layak. Kondisi ini berdampak dengan turunnya konsentrasi seorang pilot saat menerbangkan pesawat.


"Tidak harus mewah, yang wajar
aja
lah, agar pilot juga lebih fokus bekerja," kata Jonan.


Dengan kesejahteraan yang layak, Jonan yakin pilot Indonesia akan lebih profesional bekerja. "Tugas pokok kami adalah keselamatan dan pelayanan transportasi, pilot adalah bagian dari itu," ujarnya.


Tak hanya pilot, Jonan berjanji akan menaikkan gaji pegawai yang bertugas melayani jasa transportasi udara agar tidak ada lagi penyimpangan wewenang.


"Jangan ada lagi yang menerima uang terima kasih. Selama saya menterinya, saya yakin mampu mewujudkan ini," kata Jonan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya