FDR AirAsia QZ 8501 Akan Diserahkan ke KNKT

Kepala Basarnas, Marsekal Madya Felicianus Henry Bambang Soelistyo.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya FHB Soelistyo memastikan Tim SAR gabungan telah berhasil menemukan flight data recorder (FDR) pesawat AirAsia QZ 8501 telah ditemukan.

Pilot Helikopter Angkatan Udara Amerika Tewas Kecelakaan di Kuwait

FDR merupakan komponen dari kotak hitam pesawat yang berisi rekaman perjalanan pesawat.

"FDR sudah ditemukan," kata Soelistyo saat menggelar konferensi pers di kantor Basarnas, Senin, 12 Januari 2015.

Soelistyo mengatakan, FDR ditemukan di koordinat 3 derajat 37'43" S 109 derajat 42' 40.8T. "Ditemukan dibawah puing-puing sayap pesawat dan sudah terkonfirmasi pukul 07.11 WIB tadi pagi," ujarnya.

Objek ini terkonfirmasi dari part number dan serial number yang dimiliki. Yaitu dengan part number PM-2100-4043-02 dan serial number SN-000556583.

Soelistyo menambahkan, FDR ditemukan oleh Dinas Penyelam Bawah Air TNI AL, yang dipimpin oleh Kapten Syaiful, Pelda Bambang, Serda Rajab dan Kopda Edi Susanto.

"Kini FDR masih di atas kapal untuk selanjutnya diserahkan ke KNKT. Kemungkinan akan dibawa ke Jakarta," terang Soelistyo.

Pesawat Lionair Jatuh di Manila, 8 Orang Tewas

Sayangnya Jenderal bintang tiga ini enggan merinci detil bagaimana kondisi FDR saat ditemukan. Menurutnya, hal itu menjadi kewenangan dari KNKT untuk menyelidiki lebih lanjut.

"Kami serahkan itu ke KNKT. Saya nggak faham juga, itu teknis. Jadi biar KNKT yang memeriksanya lebih lanjut. Kami fokus cari jenazah dan sisa serpihan lain," paparnya

Pesawat Lion Air yang Tergelincir Berhasil Dievakuasi
Maskapai Sriwijaya Air

8 Kecelakaan Pesawat Terbesar di Indonesia

Seperti yang diketahui khalayak umum, tragedi kecelakaan pesawat terbang di Indonesia sudah cukup banyak terjadi.

img_title
VIVA.co.id
10 Januari 2021