Cerita Kedekatan Komjen Budi Gunawan dengan Megawati

Komjen Pol Budi Gunawan
Sumber :
  • sttik-ptik.ac.id
VIVAnews
Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia
- Calon tunggal Kapolri Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan memang punya kedekatan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Tidak hanya karena sempat menjadi ajudan Megawati, tapi ada sisi lain.

Timnas Indonesia U-23 Tak Gentar dengan Rekor Mengerikan Korea Selatan

Adalah Sekretaris Jenderal  DPP PDI Perjuangan periode 2005-2009 Pramono Anung yang menceritakan itu. "Saya kenal dengan Pak Budi Gunawan tahun 1999, waktu itu kami adalah orang yang hampir setiap hari mendampingi Ibu (Megawati)," kata Pramono, di Gedung DPR, Jakarta, Senin 12 Januari 2015.
Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika


Sejak saat itu, Pramono melihat Budi Gunawan menunjukkan profesionalitasnya dalam menjalankan tugas. "Di bawah pimpinan Budi Gunawan ini, Polri akan bisa menghilangkan stigma-stigma yang selama ini melekat pada Polri," katanya.


Memang banyak ajudan-ajudan pejabat yang sukses menjadi pimpinan tertinggi. Pramono mencontohkan, kisah Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono yang sempat mengawal Wiranto pada masa-masa transisi Orde Baru ke Reformasi, tahun 1998 lalu.


Untuk jabatan Kapolri, lanjut Pramono, Jenderal Sutarman juga sebelumnya adalah ajudan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. "Jadi tokoh-tokoh yang jadi ajudan merupakan orang-orang yang terpilih," kata Pramono.


Pramono mengatakan, kita memerlukan Kapolri yang betul-betul bisa membangun kebanggaan dan kepercayaan pada korpsnya. "Dan saya yakin itu bisa dilakukan Budi Gunawan," katanya.


Sebelumya, beredar surat terkait nama Kepala Lembaga Pendidikan Polisi Komjen Polisi Budi Gunawan yang akan menggantikan Jenderal Polisi Sutarman menjadi Kapolri yang ditandatangani oleh Presiden Joko. Namun, hingga kini surat tersebut belum dikonfirmasi langsung dari Presiden.


Budi Gunawan sendiri, pernah menjabat sebagai ajudan Megawati pada masa putri Bung Karno ini menjadi Presiden kelima.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya