Mesin Pesawat AirAsia Ditandai untuk Tabur Bunga Keluarga

Operasi Pencarian Pesawat AirAsia QZ8501
Sumber :
  • Eka Permadi/Kotawaringin Barat
VIVAnews
Setahun Tragedi AirAsia QZ8501 Diperingati di Surabaya
- Panglima Komando Armada Indonesia Kawasan Barat (Koarmabar), Laksamana Muda TNI Widodo, mengatakan bahwa penyelam TNI Angkatan Laut telah menemukan mesin pesawat AirAsia QZ8501 di dasar laut Selat Karimata, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Bagian mesin sudah tertutup lumpur bersama puing-puing pesawat.

Airbus Juga Bersalah pada Jatuhnya AirAsia QZ8501

"Kami memberi tanda posisi itu dengan
Terungkap Misteri Jatuhnya AirAsia QZ8501
buoy (pelampung yang mengambang di permukaan laut) warna kuning. Ini sebagai penanda bila pihak keluarga ingin melakukan tabur bunga," kata Widodo di Pangkalan Udara Iskandar, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Selasa, 13 Januari 2015.


Dia belum memastikan mesin pesawat itu akan diangkat. Pasukan yang berada di lokasi hanya menunggu perintah Panglima dan Badan SAR Nasional.


Selain itu, penyelam berhasil mengangkat berbagai potongan pesawat ke atas geladak KRI Banda Aceh. Potongan pesawat itu juga akan diserahkan pada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sebagai bagian data investigasi.


Namun, ia membantah kabar sebelumnya yang menyebutkan bahwa alat rekaman pembicaraan pilot atau
cockpit voice recorder
(CVR) berada di bawah sayap pesawat dan tidak jauh dari kabin penumpang. "Tidak ada sayap pesawat. Kami belum menemukan
main body
pesawat," katanya.


Meski sudah menemukan FDR, CVR, dan ekor pesawat, ia mengatakan pasukan TNI akan terus melakukan evakuasi. "Semua sesuai instruksi Panglima TNI (Jenderal Moeldoko). Penghentian hanya akan dilakukan atas perintah Presiden melalui Basarnas," katanya. (art)


Baca berita lain:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya