Budi Gunawan: Saya Prihatin dengan Status Tersangka

Komjen Budi Gunawan.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Kapolri Akan Pensiun, Jokowi Diminta Cermat Pilih Pengganti
- Kepala Lembaga Pendidikan Polri, Komisaris Jenderal Budi Gunawan mengadiri panggilan DPR untuk menjalankan fit and proper test sebagai calon tunggal Kapolri yang ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo, Rabu 14 Januari 2015.

Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun

Sebelum menjelaskan visi misinya, Budi Gunawan juga menyatakan terkait status tersangka yang ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi kasus dugaan gratifikasi di hadapan seluruh anggota komisi III.
Kapolri Badrodin: Semua Perintah Saya, Bukan Budi Gunawan


"Saya prihantin dengan kejadian ini, karena pada prinsip dua alat bukti untuk menetapkan sesorang jadi tersangka, tentunya ditetepakan setelah dilakukan pemerikaan terhadap saksi-saksi terlebih dahulu," ujar Budi di ruang komisi III.


Mantan ajudan predisen Megawati ini melanjutkan, dengan hasil seperti itu, dia beranggapan KPK menetapkan dirinya sebagai tersangka hanya berdasarkan hasil penyelidikan saja.


"Karena kita tahu, hasil penyelidikan itu hanya menetapkan ada atau tidaknya peristiwa pidana," jelas Budi.


Budi juga menilai KPK sudah mengabaikan asas praduga tak bersalah.


Seperti diketahui, KPK menetapkan Komjen Polisi Budi Gunawan sebagai tersangka dugaan gratifikasi saat menjabat Kepala Biro Pembinaan Karir Deputi SSDM Mabes Polri tahun 2004-2006 dan jabatan-jabatan lainnya di Polri.


Penetapan jenderal berbintang tiga ini cukup mengejutkan, karena ia sebentar lagi akan menjadi orang nomor satu di tubuh Kepolisian.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya