Relawan Dua Jari Desak Jokowi Tak Lantik Budi Gunawan

Wakil Kepala Kepolisian RI, Komjen Pol Budi Gunawan.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews-
Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun
Penolakan atas calon tunggal Kapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan terus bergulir, salah satunya adalah dari relawan pendukung Joko Widodo saat Pemilihan Presiden 2014. Mereka yang tergabung dalam Relawan Dua Jari mendesak Jokowi agar mencabut dan membatalkan pelantikan Budi Gunawan sebagai kapolri, sebab mantan ajudan Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri itu telah ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai tersangka dugaan korupsi berupa menerima gratifikasi.

Kapolri Badrodin: Semua Perintah Saya, Bukan Budi Gunawan

Ulin Nusron, salah satu relawan Salam Dua Jari, mengatakan kepolisian merupakan institusi penegak hukum yang harus bersih dari koruptor dan praktik-praktik korup.

"Jokowi harus membatalkan pelantikan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri, karena dia sudah menjadi tersangka dugaan korupsi," kata Ulin, Kamis 15 Januari 2014.

Menurut dia, Jokowi telah tersandra oleh kepentingan elite partai yang mengusungnya pada Pilpres lalu. Sebab, pencalonan Jenderal bintang tiga itu atas dorongan dan desakan dari elite partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat.

"Ini adalah kepentingan elite partai yang oligarki. Jokowi harus melawan kekuatan elite itu," katanya.

Meski pencalonan Budi Gunawan disetujui oleh DPR, masih ada harapan Jokowi membatalkannya. Ia menceritakan, kemarin Jokowi sempat bertemu tim relawan membahas mengenai itu. Jokowi meminta waktu satu hari untuk mempertimbangkan kembali sebelum memutuskan.

"Tetapi masih ada secercah harapan. Kemarin Jokowi bilang kepada relawan, bahwa insting politik saya juga mengatakan tidak (mengangkat) bagi BG itu," kata Ulin menceritakan.

Mantan aktivis PRD ini menegaskan, Jokowi harus segera membatalkan calon Kapolri yang ia pilih tersebut. Sebab jika Kepala Lembaga Pendidikan Polisi itu tetap dilantik, Jokowi tidak ada bedanya dengan pemerintahan sebelumnya.

"Ini adalah awal perjuangan kita untuk lima tahun ke depan, kalau itu terjadi (Budi Gunawan dilantik jadi Kapolri) selesai semuanya," kata Ulin.

Berikut surat terbuka dari Relawan Salam Dua Jari:

Budi Waseso Siap jadi Wakapolri Meski Kans BG Lebih Kuat


SURAT TERBUKA UNTUK PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA JOKO WIDODO

Yang Terhormat Bapak Presiden,

Perkenankanlah kami, relawan yang selama ini medukung Bapak Presiden untuk sebuah gerakan Revolusi  Mental demi Indonesia yang lebih baik, menyampaikan suara hati kami sehubungan dengan disetujuinya pencalonan Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai Kepala Polisi Republik Indonesia oleh DPR RI.

Kami merasa gelisah karena pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri telah menafikan penetapan yang bersangkutan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dalam kasus dugaan korupsi.

Karena itu, kami meminta Bapak selaku penerima mandat rakyat agar mencabut/membatalkan pencalonan Komjen (Pol) sebagai Kapolri RI.

Kami sadar, pemilihan Kapolri merupakan hak prerogratif Bapak sebagai Presiden. Namun, kami juga berharap agar sosok Kapolri adalah sosok yang berintegritas dan punya rekam jejak yang baik.

Perlu kami ingatkan bahwa dukungan kami bukan merupakan cek kosong. Kami mendukung dan memilih Bapak, karena kami percaya Bapak akan memenuhi janji  dalam hal pemberantasan korupsi dan penegakan hukum di Indonesia yang Bapak sampaikan ketika kampanye.

KPK telah menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka, kami himbau Bapak Presiden menghormati keputusan tersebut sebagai wujud janji bapak saat kampanye bahwa tidak akan memilih pejabat negara yang bermasalah dengan hukum.

Jika bapak tidak mencabut pencalonan Kapolri, melalui surat ini, kami sebagai relawan Salam 2 Jari menyatakan akan turun ke jalan dan meminta KPK segera menuntaskan kasus pidana di balik rekening gendut. Kami percaya bahwa Bapak Jokowi sebagai presiden pilihan kami akan mendengarkan dengan hati dan tidak semata hanya dengan telinga.

Kami gelisah, karena tidak mampu meyakinkan Bapak untuk menarik kembali pencalonan Komjen (Pol) Budi Gunawan. Namun, kami percaya, Bapak masih punya hati untuk mendengarkan suara kami.

Relawan Salam Dua Jari

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Kapolri Akan Pensiun, Jokowi Diminta Cermat Pilih Pengganti

Diharapkan tak ramai tarik-menarik kepentingan politik.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2016