Lima Kabupaten di Aceh Kembali Dilanda Banjir

Banjir di Aceh Utara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad
VIVAnews - Sedikitnya lima kabupaten di Provinsi Aceh kembali dilanda banjir akibat tingginya curah hujan yang melanda kawasan tersebut dalam dua hari terakhir sehingga terjadi luapan sungai. Daerah yang terkena banjir adalah Aceh Utara, Subulussalam, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, dan Kabupaten Pidie.
Banjar Banjir Bandang

"Sejak kemarin (Rabu, 14 Januari 2015) lumayan parah banjirnya. Karena hujan deras,” ujar Rajuli, warga Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara, kepada VIVAnews.
TNI AU Siapkan 830 Personel Hadapi Banjir

Menurut dia, bukan tidak mungkin, sejumlah desa di beberpa kecamatan di Aceh Utara akan kembali dilanda banjir jika hujan deras kembali turun.
Aceh Diterjang Banjir, Ribuan Warga Mengungsi

"Asal hujan deras, daerah kami, Paya Bakong, Matangkuli, Pirak Timue, hingga Lhoksukon, selalu menjadi langganan banjir," katanya.

Selain merendam ratusan rumah warga dan bangunan sekolah dan rumah ibadah, banjir yang terjadi sejak Selasa lalu juga merendam ratusan hektare lahan pertanian.

"Sawah tidak bisa digarap lagi karena banjir juga membawa lumpur dan menutup lahan sawah di Nisam, Aceh Utara," kata Muhammad Usman, warga Nisam, Aceh Utara.

Sementara itu di Subulussalam, ratusan rumah dilanda banjir setinggi 2 meter pada Rabu malam, 14 Januari 2015. Sungai di kabupaten tersebut tidak mampu menampung volume air akibat hujan yang mengguyur kawasan tersebut. Meski tidak ada korban jiwa, ratusan kepala keluarga terpaksa mengungsi akibat bencana tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya