Wapres: Siapa Bilang Kabareskrim Dicopot

Komisaris Jenderal Suhardi Alius
Sumber :
  • Dokumen Humas Polri

VIVA.co.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) turut merespons isu terkait pencopotan Komjen (Pol) Suhardi Alius sebagai Kabareskrim Mabes Polri. Menurut JK, kabar itu belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Kok tiba-tiba. Belumlah. Siapa yang copot?" kata JK di kantornya, Jakarta, Jumat, 16 Januari 2015.

Jusuf Kalla menambahkan, informasi mengenai  tersebut barulah sebatas kabar yang belum ada konfirmasinya. "Siapa bilang dia dicopot? Kan belum dicopot," ujarnya.

Namun, saat didesak apakah kabar itu benar atau tidak, JK justru mengaku tidak tahu. "Tergantung kapolri yang baru," katanya.

Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun

Siang ini kuat beredar informasi soal pencopotan Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri Komjen Suhardi Alius. Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes (Pol) Rikwanto, yang dihubungi tak bersedia menjelaskan mengenai pencopotan jabatan Kabareskrim Polri ini.

"Info yang beredar di luar seperti itu. Saya sedang mencari dasar formalnya," kata Rikwanto.

Kemudian saat ditanya mengenai posisi puncuk pimpinan Polri yang sebelumnya dipegang Jenderal Sutarman, sementara ini akan diisi oleh Wakapolri Komjen (Pol) Badrodin Haiti, Rikwanto juga tidak ingin menjelaskan.

"Yang sama info yang beredar seperti itu," katanya.

Hingga kini, belum ada penjelasan resmi dari Mabes Polri maupun dari pihak Istana. Sejumlah pihak di Istana tidak mau mengemontari mengenai isu ini. Suhardi Alius dikabarkan akan dipindahkan ke Lembaga Ketahanan Nasional. Sementara posisinya akan digantikan oleh Irjen (Pol) Budi Waseso.

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Kapolri Akan Pensiun, Jokowi Diminta Cermat Pilih Pengganti

Diharapkan tak ramai tarik-menarik kepentingan politik.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2016