Material Pijar Tersebar di Puncak Gunung Soputan

Gunung Soputan
Sumber :
  • Antara

VIVA.co.id - Akitivitas Gunung Soputan, Sulawesi Utara, hingga malam ini masih tinggi. Terpantau 46 kali gempa vulkanik dalam, 21 gempa vulkanik dangkal, 53 kali gempa hembusan, 21 gempa guguran, dan tremor menerus pada Minggu, 18 Januari 2015.

Saat Soputan erupsi pada pukul 11.38 WITA, Gunung Soputan mengeluarkan asap letusan setinggi 4.000 meter, condong ke arah barat daya. Pada malam ini, teramati asap putih tebal setinggi 600 meter dari puncak Soputan. Letusan stromboli tinggi lebih kurang 500 meter dari puncak dan material pijar tersebar di puncak gunung.

"Rekomendasi, masyarakat agar tidak beraktivitas dalam radius 6,5 kilometer dari puncak. Belum perlu ada pengungsian karena permukiman terdekat berada di radius 8 kilometer. Masyarakat tetap melaksanakan aktivitas secara normal," kata Kepala Badan Geologi, Surono.

Aktivitas Sinabung juga tinggi

Tidak hanya Gunung Soputan, aktivitas Gunung Sinabung hingga saat ini juga tetap tinggi. Pada Minggu, 18 Januari 2015, telah terjadi 37 kali gempa frekuensi rendah, tremor menerus, teramati 1 kali awan panas guguran dari puncak dengan jarak luncur sejauh 2.000 meter ke arah Selatan, tinggi kolom abu 700 meter.

Teramati guguran lava pijar dari puncak sejauh 1.000 meter ke arah Selatan. Status tetap Siaga pada level III.  Jumlah pengungsi 2.443 jiwa, 795 kepala keluarga yang berada di tujuh titik pengungsian. Pengungsi berasal dari Desa Sigarang-garang dan Desa Sukanalu. Mereka mengungsi sejak September 2013 lalu.

"Meskinya warga sudah diperbolehkan pulang karena kedua desa tersebut dinyatakan aman oleh PVMBG, namun mereka tetap tinggal di pengungsian," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Saat ini pembangunan hunian tetap untuk relokasi 370 kepala keluarga terus dilakukan di kawasan Siosar. Sebanyak 50 unit sudah selesai dibangun dan diharapkan 320 unit berikutnya selesai pada pertengahan tahun ini.

Truk Polisi Penghalau Massa Dipakai Bersihkan Abu Soputan

Baca juga:

750 Hektare Lahan Pertanian di Minahasa Terancam Gagal Panen

Lahan pertanian ini tertutupi oleh debu vulkanik dari erupsi Soputan.

img_title
VIVA.co.id
10 Januari 2016