Nasib Komjen Budi Gunawan di Tangan Plt Kapolri

Komisaris Jenderal Budi Gunawan.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id -
Kapolri Akan Pensiun, Jokowi Diminta Cermat Pilih Pengganti
Kepolisian Republik Indonesia akan menggelar rapat dengan sejumlah perwira tinggi untuk membahas status Komisaris Jenderal Budi Gunawan.

Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun

Calon Kapolri itu ditetapkan sebagai tersangka kasus gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Sampai saat ini, Komjen Budi masih menjabat Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol).
Kapolri Badrodin: Semua Perintah Saya, Bukan Budi Gunawan


"Wakapolri akan rapat lebih dulu dengan pejabat utama," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Ronny F Sompie, Senin 19 Januari 2015.


Dalam rapat ini, kata Ronny, akan menentukan status jabatan Budi di Mabes Polri. Komjen Badrodin Haiti yang sebelumnya ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri, belum memutuskan apakah Budi akan dicopot atau tidak.


"Keputusan ada di tangan Wakapolri yang sudah ditunjuk oleh Bapak Presiden menjadi Plt," kata Ronny.


Pengangkatan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri menjadi polemik. Sehari jelang uji kelayakan dan kepatutan, Komjen Budi jadi tersangka korupsi. Kritik pun berdatangan dari masyarakat.


Presiden Joko Widodo memutuskan untuk menunda pelantikan Budi sebagai Kapolri. Presiden kemudian memberhentikan Jenderal Sutarman dari jabatannya, dan mengangkat Wakapolri Komjen Badrodin Haiti sebagai Plt Kapolri. (one)


Baca juga :






Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya