Banjir Lahar Gunung Merapi Mengancam

Banjir lahar dingin di Yogyakarta
Sumber :
  • ANTARA/ Wahyu Putro A
VIVA.co.id
Erupsi Gunung Dukono, 12 Desa Terpapar Abu Vulkanik
- Menjelang puncak musim hujan yang diperkirakan akhir Januari ini, masyarakat diminta mewaspadai potensi banjir lahar yang datang dari Gunung Merapi.

Dukono Erupsi, Penutupan Bandara Gamarmalamo Diperpanjang

"Dengan banyaknya sistem peringatan dini yang dipasang, kami berharap masyarakat sudah bisa siaga bencana dan bisa mandiri dalam menghadapi potensi bencana di musim penghujan saat ini, terutama banjir lahar hujan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Gatot Saptadi, Selasa 20 Januari 2015.
Erupsi Gamalama Berlanjut, Penumpang Tertahan di Bandara


Ia menjelaskan, di Yogyakarta ada dua sungai yang berpotensi dilewati aliran banjir lahar yaitu Sungai Code dan Sungai Kuning.


"Keduanya berhulu di Gunung Merapi sehingga potensi banjir lahar hujan akan sangat besar. Tapi, kami sudah memasang sistem peringatan dini dan kamera pengawas di sepanjang jalur sungai tersebut."


Namun, Gatot memastikan banjir lahar hujan tidak akan sebanyak tahun sebelumnya usai meletusnya Gunung Merapi pada 2010 silam.


"Material vulkanik sudah lebih padat sehingga tidak akan seperti pasca erupsi Merapi. Ditambah lagi dam sabo juga banyak dibangun untuk menahan aliran lahan hujan," kata dia. (one)


Baca juga




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya