Pipa Dijebol Maling, Minyak Mentah Chevron Meluber ke Jalan

Pipa Pertamina yang dirusak.
Sumber :
  • Dok. Pertamina EP
VIVA.co.id
2024, Blok Masela Siap Produksi?
- Pipa pendistribusian minyak mentah milik PT Chevron Pasifik Indonesia dijebol kawanan pencuri di kilometer 104, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau. Kawanan maling itu membobol pipa dengan melubanginya hingga minyak dapat mereka keluarkan.

Bawa Minyak Ilegal, Prajurit TNI Kodam Sriwijaya Dibekuk

Namun akibat ulah mereka, minyak mentah terus mengalir ke luar dan tidak dapat mereka atasi. Minyak itu membanjiri sekitar lokasi dan hingga meluber ke jalan. Arus lalu lintas di jalan lintas Sumatera terganggu karena jalan yang dilewati licin.
Pemerintah Berencana Bangun Kilang Minyak Mini


Ulah para pencuri itu, selain mengakibatkan kerugian, juga menyebabkan arus lalu lintas di jalan lintas Sumatera macet panjang. Bus dan truk bermuatan berat terpaksa bergantian melewati jalan yang tergenang minyak mentah itu.


Kemacetan dapat teratasi dan kembali normal lima jam kemudian setelah petugas PT Chevron menimbun genangan minyak dengan pasir. Petugas dibantu Polisi lalu lintas dari Kepolisian Sektor Pinggir, Kabupaten Bengkalis.


Menurut Alimin, petugas Sub Kontraktor PT Chevron, pencurian minyak sudah sering terjadi. Tapi peristiwa itu yang paling parah karena luberan minyak yang dicuri sampai mengenangi jalan sehingga mengakibatkan arus lalu lintas terganggu.


Polisi masih menyelidiki dan memburu kawanan pencuri minyak mentah itu. Perusahaan juga meningkatkan pengawasan dan keamanan. Pemerintahan daerah setempat juga ikut andil dalam pengawasan itu karena menyangkut aset vital milik negara.


Dedi Eka Putra/Bengkalis


Baca berita lain:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya