Kabareskrim Irjen Budi : Saya Tidak Akan Jadi Pengkhianat

Kabareskrim Polri Irjen Budi Waseso
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA.co.id - Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim), Inspektur
Jenderal Budi Waseso, kembali menegaskan akan membersihkan institusinya dari para pengkhianat. Sayangnya Kabareskrim baru itu tidak menjelaskan siapa pengkhianat yang dimaksud.

Tapi menurut Budi, bisa saja ada pengkhianat di internal mabes Polri. Oleh karena itu dia tak segan membersihkan para pengkhianat itu dari tubuh Polri. Mantan Kapolda Gorontalo itu menegaskan bahwa dirinya adalah Bhayangkara sejati.

"Saya tidak akan jadi pengkhianat bagi Tri Brata," kata Budi di Mabes
Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa 20 Januari 2015.

Budi tak ingin main-main dengan tugas barunya ini. Dia akan segera mengkonsolidasikan semua pekerjaan rumah di Bareskrim Polri, dan memetakan semua program kerja. "Sehingga tidak asal-asalan. Akan saya jalani dengan sebaik-baiknya," ujar Budi.

Sementara itu, Budi Waseso juga menjelaskan kenapa dia terus mendampingi Komjen Budi Gunawan saat menjalani fit and proper test di DPR beberapa waktu lalu. Dia menganggap apa yang dia lakukan saat itu adalah hal yang wajar, sebab Komjen Budi adalah atasannya di Lemdikpol.

"Saya ini dibawah Kepala Lembaga Pendidikan Polri," ujar Budi yang sebelumnya menjabat Kepala Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi Polri ini.

Sebagaimana diketahui, atasan Irjen Budi, Komjen Budi Gunawan  telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait transaksi mencurigakan atau tidak wajar, Selasa 13 Januari 2015.

Calon Kapolri itu diduga melakukan tindak pidana korupsi yakni diduga menerima hadiah atau janji pada saat menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karir Deputi SDM Mabes Polri periode tahun 2003 2006 dan jabatan lainnya di Kepolisian RI

Budi disangkakan melanggar pasal 12 huruf a atau huruf b, pasal 5 ayat 2, pasal 11 atau pasal 12 B UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Tipikor juncto pasal 55 ayat 1 kesatu KUHPidana. (ren)

Baca juga:

Kapolri Pimpin Kenaikan Pangkat 11 Pati Polri, Ada Kapolda Gorontalo Irjen Pudji
Jenderal Hoegeng

Kisah Jenderal Hoegeng, Sosok Polisi Sejati Indonesia

Pernahkah dengar kiasan, polisi jujur hanya ada tiga. Yakni polisi tidur, patung polisi, dan Jenderal Hoegeng. Mengapa Jenderal Hoegeng? Siapa dia? Ini kisah perjalananya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024