Kantor Direktur Rumah Sakit Adam Malik Digeledah Kejaksaan

Tampilan laman RS Adam Malik Medan
Sumber :
VIVA.co.id
Komjak Soroti Penanganan Kasus Dugaan Korupsi Emas di Kejaksaan
- Kantor Direktur Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik, Medan, digeledah tim penyidik Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, pada Selasa, 20 Januari 2015. Penggeledahan itu untuk melengkapi berkas dugaan korupsi yang melibatkan empat pejabat Rumah Sakit sebagai tersangka.

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi

Sejumlah tim penyidik terlihat berkeliling ke sejumlah ruangan, seperti Ruang Instalasi Patologi Anatomi, Ruang Urologi, Ruang ICU dan beberapa ruang lain. Tim penyidik juga terlihat mendokumentasikan sejumlah alat-alat kesehatan.
Jaksa Sebut SYL Bayar Tagihan Kartu Kredit Ratusan Juta Pakai Uang Hasil Korupsi di Kementan


“Pengeledahan ini untuk melengkapi berkas pemeriksaan terhadap empat tersangka,” kata Ketua Tim Penyidikan, Dharma Bella, kepada wartawan di sela-sela pengeledahan.


Dia menjelaskan, Kejaksaan menduga ada kerugian negara mencapai Rp16,3 milyar dalam pengadaan alat-alat kesehatan yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2010 sebesar Rp45 milyar.


Dalam kasus itu, tim penyidik telah menetapkan mantan Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik berinisial AHL, pejabat pembuat komitmen berinisial HB, dan Ketua Panitia Pengadaan Alat Kesehatan Tahun Anggaran 2010 serta KRRS yang merupakan Direktur PT NBP berinisial ML.


Penetapan para tersangka itu karena mereka merekayasa harga yang tertuang dalam HPS (harga perkiraan sendiri) dengan harga pasaran dan spesifikasi alat kesehatan yang mengarah pada produk merek tertentu. (ren)



Baca berita lain:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya