Jaksa Agung Curhat Gaji Jaksa Kecil

Jaksa Agung, Muhammad Prasetyo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Jaksa Agung, HM Prasetyo, mengakui gaji yang diterima para jaksa saat ini lebih kecil dibandingkan dengan aparat penegak hukum lainnya. Padahal para jaksa ini juga memiliki beban tugas yang cukup berat dalam penegakan hukum.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Curhat ini disampaikan langsung di hadapan pimpinan DPR RI dalam acara "Seminar Sehari Penegakan Hukum 2014 dan Upaya Perbaikan Kinerja di Tahun 2015" di Nusantara IV Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis 22 Januari 2015.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


"Dibandingkan dengan institusi lain gaji para jaksa relatif lebih rendah. Mohon perhatian," kata Prasetyo


Tidak hanya gaji para jaksa, Prasetyo juga mengeluhkan kecilnya biaya penanganan perkara di Kejaksaan, terutama dalam kasus tindak pidana korupsi. "Biaya penanganan perkara minim, sementara dalam tindak pidana korupsi persidangannya hanya di Ibukota saja," ujarnya


Sebagai contoh, untuk penanganan kasus di Indonesia timur, biaya transportasi yang harus dikeluarkan sangat mahal. Itu disebabkan kondisi geogafis yang hanya bisa dilalui melalui tranportasi udara.


"Karena minimnya anggaran sering kali kita tidak bisa melakukan penegakan hukum secara maksimal dalam tindak pidana korupsi," terang Prasetyo


Selain itu, mantan politikus Nasdem ini meminta DPR RI melakukan percepatan revisi KUHP dan KUHAP, karena dianggap sudah tidak relevan dengan situasi saat ini, di mana semakin banyaknya perundang-undangan yang bersifat lex specialis sehingga sangat mengganggu penegakan hukum. KUHP yang KUHAP yang digunakan saat ini merupakan sisa peninggalan kolonial.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya