Koalisi Masyarakat Sipil Tuntut Polri Bebaskan BW

Sejumlah aktivis mendatangi KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Taufik Rahadian

VIVA.co.id - Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi menuntut agar Kepolisian Republik Indonesia segera membebaskan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Bambang Widjojanto, Jumat 23 Januari 2015.

Pria yang akrab disapa BW itu ditangkap oleh petugas Bareskrim usai mengantar anaknya sekolah. Bahkan BW kini sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian.

Aktivis Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi yang jumlahnya mencapai puluhan orang itu, terlihat sudah memenuhi lobi Gedung KPK sejak siang hari setelah sholat jumat.

Tak Lagi jadi Pimpinan KPK, Ini Aktivitas Bambang Widjojanto

Mereka membawa spanduk panjang bertuliskan #SaveKPK. Mereka menilai bahwa penangkapan BW itu merupakan bentuk sewenang-wenang dan pukulan balik kepada gerakan pemberantasan korupsi.

"Kami menuntut Mabes Polri segera membebaskan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Bambang Widjojanto dari tahanan Polisi karena penangkapan sewenang-wenang," ujar Budayawan, Franz Magnis Suseno saat membacakan tuntutan mereka, di Gedung KPK.

Selain itu massa juga menuntut agar Presiden Joko Widodo membatalkan pengangkatan Komjen Budi Gunawan, dan mendukung pengusutan kasus yang tengah menjeratnya.

Terakhir, massa mengajak seluruh rakyat indonesia untuk membela Komisi Pemberantasan Korupsi. "Jangan dibiarkan indonesia dikuasai mafia koruptor," kata Seniman, Butet Kertaradjasa. (ase)

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Dua Mantan Pimpinan KPK Harusnya Sampai Pengadilan

"Karena di situlah ujung keadilan itu didapatkan," ujar kapolri.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2016