KAI Pertimbangkan Buka Rute Yogya-Purwokerto

Ilustrasi rel kereta
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - PT KAI Daop 6 Yogyakarta berencana membuka relasi baru untuk tujuan Yogya-Purwokerto.

"Kami melihat pasar ke sana cukup bagus. Apalagi kan tidak ada transportasi lain selain darat yang menuju Purwokerto dan sebaliknya" kata Executive Vice Presiden PT KAI Daop 6 Yogja, Wiwik Widayati, Sabtu, 24 Januari 2015.

Saat ini, kata dia, penumpang kereta api yang menuju ke Purwokerto dan dari Purwokerto ke Yogya bisa menggunakan kereta yang melewati jalur tersebut.

Seperti kereta tujuan Jakarta maupun Bandung. "Kami ingin memberikan pelayanan kepada masyarakat dan memudahkan mereka mendapatkan moda transportasi yang nyaman," kata dia.

Apalagi, sambungnya, untuk jalur sudah tersedia. Menurut Wiwik, yang masih jadi kendala adalah belum adanya kereta yang bisa digunakan.

"Jalur maupun waktu keberangkatan sudah kami siapkan. Saat ini masih mencari kereta mana yang bisa dimanfaatkan. Semoga saja pertengahan tahun ini sudah terealisasi," ujarnya.

Yogya-Magelang

Unik, Jembatan Rel Kereta Ini Hanya Ada di Australia

Tak hanya ke Purwokerto, PT KAI Daop 6 juga berencana membuka kembali jalur kereta api Yogya-Magelang.

"Kami tetap berkeinginan membuka jalur tersebut. Apalagi banyak permintaan dari masyarakat agar jalur Yogya-Magelang dibuka kembali," ucap dia.

Saat ini yang menjadi masalah adalah mengenai pembebasan lahan. Sebab, rel sudah banyak yang tertutup oleh rumah penduduk.

"Untuk membuka kembali jalur sepanjang 79 meter tersebut kami harus mengosongkan lahan di sekitar rel dan itu ada ketentuannya. Saat ini sudah banyak tertutup jalan dan rumah penduduk,"  kata Wiwik.

Pihaknya belum bisa memastikan kapan rencana itu bisa diwujudkan. Saat ini Daop 6 Jogja masih dalam tahap pemetaan jalur lama yang dulu pernah ada.

Menelusuri Jalur Kereta Terpendek di Dunia
Stasiun Gambir

Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara

Ada delapan kereta eksekutif.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016