Apa Tugas Tim Independen KPK-Polri?

Presiden Joko Widodo bersama para pakar hukum di Istana Merdeka
Sumber :
  • ANTARA FOTO/SEPTRES/Intan
VIVA.co.id
Dua Mantan Pimpinan KPK Harusnya Sampai Pengadilan
- Tim independen yang terdiri dari tujuh tokoh yang dipilih Presiden Joko Widodo untuk membantunya menyelesaikan polemik KPK-Polri, hari ini, Selasa 27 Januari 2015 akan menggelar rapat dengan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, di Sekretariat Negara, Jakarta.

Tak Lagi jadi Pimpinan KPK, Ini Aktivitas Bambang Widjojanto

Rencananya mereka akan menggelar rapat membahas Keputusan Presiden tentang pembentukan tim independen ini sekitar pukul 13.00 WIB.
Respons Istana Soal Deponering AS dan BW


"Belum tahu membahas apa, mungkin Keppres," kata salah satu anggota Tim Independen, Bambang Widodo Umar ketika dihubungi
VIVA
.


Bambang mengatakan, tim independen yang ditunjuk Jokowi akan bekerja untuk mencari data, fakta, dan informasi mengenai penetapan status tersangka pimpinan KPK Bambang Widjojanto dan calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan.


Sebab menurut dia, penetapan tersangka petinggi kedua institusi inilah yang membuat konflik antara KPK dan Polri kembali memanas.


"Setelah kami memberikan informasi dan pertimbangan ke Pak Jokowi, kemudian nanti beliau dan menteri serta lembaga terkait yang mengolah dan nanti baru diambil keputusan," ujar dia.


Peran tim independen ini, kata Bambang, tidak hanya sebatas menyelesaikan masalah konflik yang saat ini sedang terjadi. Tapi memberikan masukan bagaimana kedua institusi ini ke depan saling bersinergi bersama dengan kejaksaan agung dalam upaya memberantas korupsi.


"Arahnya kita ke sana apakah diterima atau tidak tergantung Pak Jokowi, ini baru akan dibahas," kata dia.


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya