Skenario Bila Seluruh Pimpinan KPK Menjadi Tersangka

Ilustrasi/Barang bukti operasi tangkap tangan KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Mantan Wakapolri Oegroseno mengatakan, seandainya empat pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi ditetapkan sebagai tersangka dan harus mundur, dia yakin KPK masih bisa menjalankan tugasnya untuk memberantas korupsi.

"KPK kan yang penting penyidiknya independen jadi nggak ada masalah. Kalau (pimpinan KPK) jadi tersangka semua nggak bisa kerja tapi penyidiknya kan bisa kerja. Kalau penyidik bisa kerja ya nggak masalah," kata Oegroseno yang juga menjadi salah satu tim independen kisruh KPK - Polri di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa 27 Januari 2015.

Meski begitu, kata dia, memang sementara ini KPK tidak bisa memutuskan sebuah perkara jika tak ada pimpinan.

"Tapi wong kemarin masih banyak perkara belum diputuskan. Mungkin bisa kerja, jalan tapi nggak bisa kencang," lanjutnya.

Untuk itu, kata dia, sebelum masalah konflik antar institusi ini melebar, maka tim independen ini harus segera bekerja untuk mencari akar masalah ini.

"Ya kita dengar, semua yang berkaitan dengan kemelut ini ya, yang kita hindari jangan sampai kita nggak dapat informasi. Informasi kecil tapi berarti," ujarnya.

Jokowi Naksir Johan Budi Sejak Lama

Baca juga:

KPK-Polri, Kabareskrim: 'Sesama Bus Kota Tidak Mendahului'
Gedung KPK di Jakarta

Perwira Menengah Polda se-Indonesia Datangi KPK

Mereka dipimpin langsung Kepala Divisi Hukum Mabes Polri.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2016