Basarnas Tetap Lanjutkan Pencarian Korban AirAsia

Ilustrasi/Tim SAR lakukan penyelamatan
Sumber :
  • Basarnas

VIVA.co.id - Badan SAR Nasional (Basarnas) menegaskan operasi pencarian dan pertolongan korban AirAsia QZ8501 di Selat Karimata tetap dilanjutkan.

"Sepanjang saya masih sebagai kepala Basarnas, operasi SAR AirAsia tetap berlanjut," kata Kepala Basarnas, Marsekal Madya, FHB Soelistyo dalam jumpa pers di kantor Basarnas, Jakarta, Rabu 28 Januari 2015.

Menurut Soelistyo, Basarnas akan tetap mencari korban meski seluruh unsur TNI dan armadanya telah ditarik dari lokasi pencarian AirAsia. "Unsur TNI melaksanakan opsi pertama. Operasi pencarian dan pertolongan masih tetap berlanjut," tuturnya.

Soelistyo menuturkan, dia sempat melakukan updating kepada unsur TNI sebelum melaksanakan tugas di Pangkalan Bun pada Sabtu 17 Januari 2015. Dia menyampaikan tiga opsi pencarian badan pesawat di posisi 9 koordinat lengkap di daerah prioritas dua.

"Pertama kami beri kesempatan unsur-unsur TNI untuk melakukan tugas pencarian evakuasi sekaligus mengangkat badan pesawat," ujarnya.

Hingga saat ini, tim SAR telah berhasil menemukan 70 dari 162 korban penumpang dan kru pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh dan tenggelam di Selat Karimata dalam penerbangan dari Surabaya menuju Singapura. (art)

Airbus Juga Bersalah pada Jatuhnya AirAsia QZ8501

Baca juga:

Badan Pesawat AirAsia Tiba di Jakarta

Setahun Tragedi AirAsia QZ8501 Diperingati di Surabaya

CEO AirAsia Group Tony Fernandes diinformasikan menghadiri acara ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2015