Pejabat BUMN Tertipu Seminar 'Lembaga Administrasi Negara'

Rencana Penjualan Gedung BUMN
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro

VIVA.co.id - Puluhan pejabat Badan Usaha Milik Negara tertipu penyelenggaraan seminar yang digelar Lembaga Administrasi Negara (LAN) abal-abal.

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN

Pelaku penipuan berhasil menipu puluhan pejabat BUMN dengan modus menggelar Seminar Nasional bertema “Arsitektur Baru Regulasi (Better Regulation) Untuk Pengelolaan Aset BUMN Dalam Rangka Mewujudkan Kemandirian BUMN”. Pelaku mengatasnamakan LAN.

Terbujuk dengan modus yang dilakukan penipu, sejumlah BUMN akhirnya mentransfer uang sebesar Rp5,5 juta per orang. Apalagi, isu yang diangkat cukup krusial mengingat era pemerintahan Jokowi-JK sedang melakukan revitalisasi di banyak sektor.

“Kami tidak curiga karena surat yang di-fax ke kantor menggunakan kop resmi berlambang garuda. Apalagi, pelaku menanggung seluruh biaya akomodasi peserta seminar dengan biaya yang kami transfer,” jelas salah satu korban penipuan yang datang ke Kantor LAN, Jl Veteran No 10, Jakarta Pusat, Rabu 28 Januari 2015.

Melalui keterangan tertulisnya, Kepala Bagian Humas dan Informasi LAN, Idha Saftawaty mengatakan, tindakan penipuan yang dilakukan dengan modus penyelenggaraan seminar mengatasnamakan LAN ini, bukan yang pertama kali. Sebelumnya, banyak pejabat Pemerintah Daerah (Pemda) yang menjadi korban.

“Kami mengimbau seluruh kementerian atau lembaga, Pemda maupun BUMN agar mengonfirmasikan ke kami via telepon atau email. Kami akan langsung menindaklanjuti setiap aduan yang masuk,” ujarnya.

Baca juga:

Visualisasi pengembangan organisasi BRI melalui BRIVolution 2.0

Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0

Manfaatkan momentum pandemi sebagai stimulus terjadinya pengembangan organisasi, BRI dorong implementasi BRIVolution 2.0

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021