Satu Lagi Korban AirAsia Berhasil Dikenali

Tim penyelam TNI AL mengevakuasi korban AirAsia QZ8501
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA.co.id - Tim Disaster Victim Identification (DVI) kembali berhasil mengidentifikasi satu jenazah korban pesawat AirAsia QZ8501. Jenazah berlabel B053 identik dengan Marianne Claudia Ardhi, bocah 11 tahun warga Surabaya.

"Jenazah label B053 teridentifikasi menggunakan metode primer, yaitu pemeriksaan DNA dengan pembandingnya adalah baju seragam korban yang belum sempat dicuci," kata Ketua Tim DVI Polda Jatim, Kombes Pol Budiyono, saat jumpa pers bersama Kabid Humas Kombes Pol Awi Setiyono dan perwakilan dari manajemen AirAsia di Crisis Center Mapolda Jawa Timur, Jalan A Yani Surabaya, Rabu 28 Januari 2015.

Budiyono menerangkan, korban B053 bepergian bersama kedua orangtuanya (Reggy Ardhi-Caroline Harwon Lioe) serta dua saudaranya Michele Clemency Ardhi dan Jayden Cruze Ardhi.

Namun, jenazah ini baru pertama kali teridentifikasi dari keluarga yang semuanya menjadi korban.

"Kami belum menemukan data pembanding dari orangtuanya. Dengan teridentifikasi pada hari ini, tentu menjadi profil DNA dan menjadi database tim DVI untuk mencari kedua orangtuanya dan saudaranya yang masih belum teridentifikasi," terangnya.

Selain menggunakan sampel DNA, tim DVI juga memperkuat dengan dukungan teknik foto kepala korban dengan foto semasa hidup dan hasilnya identik. Serta diperkuat data medis, antropologi dan properti yang masih terpakai oleh korban yaitu celana panjang warna krem sama juga dengan analisa dari CCTV.

"Dengan demikian maka jenazah label B053 tak terbantahkan identik dengan Marianne Claudia Ardhi seorang perempuan usia 11 tahun warga Surabaya," jelasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Awi Setiyono, menambahkan, sampai hari ini Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim menerima 70 jenazah korban AirAsia QZ8501.

"Sebanyak 56 jenazah sudah teridentifikasi dan 14 jenazah tersimpan di cold storage dan terus dilakukan pendalaman," tandas Awi. (one)

Airbus Juga Bersalah pada Jatuhnya AirAsia QZ8501

Baca juga:

Badan Pesawat AirAsia Tiba di Jakarta

Setahun Tragedi AirAsia QZ8501 Diperingati di Surabaya

CEO AirAsia Group Tony Fernandes diinformasikan menghadiri acara ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2015