Arsitek Jepang Pamerkan Rumah Kardus Tahan Gempa

Rumah Kardus Tahan Gempa Arsitektur Jepang Dipamerkan
Sumber :
  • Mohammad Zumrotul Abidin/Surabaya
VIVA.co.id
Indonesia-AS Tingkatkan Kerja Sama Tanggulangi Bencana
- Sebanyak 52 karya arsitektur Jepang untuk pemulihan usai bencana dipamerkan di Ruang SF 101-1002 kampus Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, pada 27 Januari hingga 5 Februari 2015.

Ulah Anak Anjing Ini Bikin Rumah Terbakar

Salah satu karya yang menarik perhatian adalah rumah kardus yang menjadi tempat evakuasi dadakan atau tempat penampungan sementara yang praktis, aman, dan nyaman.
Ini Nomor Hotline Posko Gempa di Taiwan


Menurut Konsulat Jenderal Jepang, Noboru Nomura, pembuatan rumah kardus sangat cepat. Hanya dibutuhkan keahlian seperti origami untuk membuatnya. Rumah kardus itu cukup aman karena dengan berat kardus yang ringan tidak akan membahayakan nyawa seseorang terutama jika terjadi gempa susulan.


"Kalau tinggal di rumah kardus, privasi orang tetap terjaga. Kalau digelar di tempat terbuka, kasihan,” katanya.


Selain rumah kardus, para arsitek Jepang juga membuat truk besar yang ternyata di dalamnya mirip desain rumah sehingga jika ada gempa dan bencana, truk langsung bisa menutup rapat dengan kecepatan 260 detik. Massa truk juga berat. Kalau terombang-ambing ombak dan angin tetap akan tinggal di tempat.


Diakui Noboru, di Jepang sudah terbiasa mengatasi bencana dalam hitungan detik, bukan hari atau bulan. Dia berharap pameran ini bisa menginspirasi para arsitek muda di Indonesia untuk menciptakan karya dalam menghadapi bencana. Apalagi, Indonesia juga negara yang berada di kawasan rawan bencana.


Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ITS, Hidayat Sugiharto, mengakui bahwa selama ini para arsitek di Indonesia belum mengembangkan tempat tinggal darurat untuk bencana. Selama ini setiap ada bencana hanya memanfaatkan tenda-tenda besar, stadion dan gedung besar untuk tempat tinggal darurat.


Para arsitek baru sebatas membuat bangunan tahan gempa sebagai upaya preventifnya. Bangunan tahan gempa itu menggunakan teknik daktail (bangunan tahan goyang) dengan beton, kayu, batu dan bambu.


"Sehingga, ketika gempa, tembok akan bergerak mengikuti gelombang, namun kondisi bangunan tetap kokoh," katanya. (one)



Baca berita lain:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya