Antisipasi Banjir, Pemkot Surabaya Tambah Rumah Pompa

Rumah Pompa Air Waduk Pluit
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Pemerintah Kota Surabaya menambah rumah pompa di sejumlah titik yang rawan banjir dan genangan air di Surabaya. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi banjir.

Kantor Pemerintah dan Rumah Sakit Terbesar Jatim Kebanjiran

"Pembangunan rumah pompa merupakan salah satu program pengendalian banjir. Setiap tahunnya memang kita selalu menambah jumlah pompa. Empat rumah pompa ini diharapkan menjadi solusi agar warga di kawasan tersebut tidak sampai tergenang banjir lagi," kata Kepala Dinas PU Bina Marga Kota Surabaya, Erna Purnawati, di Surabaya, Selasa, 10 Februari 2015.

Ia mengatakan, keberadaan rumah pompa di Surabaya masih menjadi solusi andalan untuk mengantisipasi banjir. Sebab, dengan adanya rumah pompa, aliran air hujan dan sungai bisa dikendalikan.

Surabaya Banjir Karena Alih Fungsi Lahan

Selain menambah rumah pompa, Pemkot Surabaya juga akan menambah sejumlah alat berat. Ada sebanyak 12 alat berat yang akan dibeli untuk pengendalian banjir. Alat berat ini akan digunakan untuk mengeruk sejumlah sungai yang menjadi penyebab banjir.

"Alat berat ini dipakai untuk mengeruk sungai yang mengalami pendangkalan," katanya menambahkan.

Surabaya Banjir Usai Diguyur Hujan Selama Dua Jam

Menurut Erna, Wali Kota telah mengintruksikan agar pemkot melakukan pembersihan aliran sungai. Hal itu dilakukan agar semua aliran air di Surabaya terkoneksi dan tidak ada aliran air yang mandek sehingga menyebabkan banjir.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya membangun empat rumah pompa guna mengantisipasi banjir. Rumah pompa itu terletak di di Gunung Anyar, Ikan Mungsing, Kali Bokor dan Kalidami. (one)

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma.

Risma Berkelit dan Salahkan El Nino soal Banjir di Surabaya

"Ada faktor El Nino, La Nina, ada itu dan sebagainya.”

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2016