KAI Berlakukan Pembatalan Tiket Penumpang Terdampak Banjir

Stasiun Tanah Abang Terendam Banjir
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - PT Kereta Api Indonesia menerapkan sistem pembatalan tiket kereta api atau pengembalian bea khusus bagi penumpang terdampak banjir. Itu menyusul banjir besar yang melanda DKI Jakarta yang telah menyebabkan keterlambatan KA lintas tujuan.

"Program ini sehubungan dengan banjir besar yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya, serta untuk menjaga pelayanan kepada pengguna jasa kereta api," terang Manager Humas PT KAI daop IV Semarang Jawa Tengah, Suprapto, Selasa 10 Februari 2015.

Pembatalan tiket dapat dilakukan khusus bagi penumpang terdampak banjir dengan berbagai ketentuan. Akan tetapi ketentuan itu hanya berlaku untuk keberangkatan kereta api mulai tanggal 9 Februari hingga 10 Februari 2015.

Pertama, pembatalan bea khusus bagi penumpang KA keberangkatan wilayah daop 1 Jakarta yang terkena dampak banjir secara langsung maupun tidak langsung.

"Pembatalan atau pengembalian bea dapat dilakukan maksimal 3x24 jam setelah jadwal keberangkatan kereta api, " ucap Suprapto.

Pembatalan tiket, lanjut Suprapto juga dapat dilakukan di stasiun-stasiun tertentu yang ditunjuk oleh pihak KAI. Akan tetapi, pembatalan itu harus memenuhi berbagai persyaratan.

"Syaratnya tiket belum divalidasi boarding. Serta tiket tidak terdapat tanda berupa coretan atau berlubang terperiksa oleh pemeriksa tiket," katanya.

Tiket yang dapat dibatalkan, lanjutnya, juga termasuk tiket kembalinya. Hal itu juga berlaku untuk tiket lain yang memiliki sifat persambungan atas nama penumpang yang memiliki tiket kereta api keberangkatan wilayah daop 1 Jakarta.

"Bea tiket yang dikembalikan 100 persen dari harga tiket diluar bea pesan secara tunai," imbuh dia.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan
Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016