Banjir, Harga Bawang Diprediksi Melonjak

Ilustrasi/Bawang merah
Sumber :
  • ANTARA/Syaiful Arif

VIVA.co.id - Bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah, diprediksi akan berimbas pada kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok. Salah satunya adalah bawang merah.

Salah satu produksi pertanian yang banyak dihasilkan di kawasan Pantura hingga Brebes dan sekitarnya ini, kini terancam jalur pendistribusiannya. Sejumlah ruas jalan terendam banjir.

"Faktor distribusi yang terganggu karena jalan terkena banjir menyebabkan harga kebutuhan pokok naik," ujar Kepala Disperindagkop Pemkab Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulistiyanto, Rabu 11 Februari 2015.

Dari pantauan, harga bawang merah di pasaran sejauh ini masih belum ada lonjakan dari pekan yang lalu. Per kilogram, bawang merah masih dibanderol Rp16 ribu.

Sementara harga sayur mayur lainnya seperti cabai, kubis, kentang, wortel juga belum ada kenaikan. Pasalnya, daerah penghasil sayuran seperti Wonosobo, Temanggung, Magelang dan Karanganyar tidak terjadi kelangkaan panen akibat musim hujan.

"Pasokan masih lancar sehingga harga sayur mayur relatif stabil. Hanya bawang merah yang agak dikhawatirkan," katanya.

Harga kebutuhan pokok yang masih stabil adalah telur dalam kisaran harga Rp19 ribu per kilogramnya, daging ayam dalam kisaran Rp30 ribu per kilogramnya. (one)

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan
Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016