BNPB: Gas Beracun di Kawah Timbang Dieng Meningkat

Hembusan Gas Fluktuatif
Sumber :
  • ANTARA/Idhad Zakaria

VIVA.co.id - Badan Nasional Penagulangan Bencana (BNPB) membangun menara pengawasan di kawah Timbang, Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Pembangunan ini meningat makin tingginya gas beracun di sekitar kawah.

"Aktivitas terakhir Kawah Timbang pada tahun 2011 dan 2013 juga mengharuskan kita untuk mengamankan penduduk dalam radius 1 Km," kata Kepala BNPB, Syamsul Maarif, dalam keterangan tertulis Kamis, 12 Februari 2015.

Syamsul menjelaskan, menara yang dibangun ini terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama merupakan Pos Forum PB Kawah Timbang dengan pembina dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara dan Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Lantai dua berupa pengendalian Komunikasi EWS dengan operator petugas PVMBG, dibantu forum PB Kawah Timbang dan lantai ke tiga sebagai pemantauan visual dengan operator petugas PVMBG.

Pembangunan menara ini berdasarkan tingginya tremor dan gempa-gempa vulkanik yang terjadi di kawasan ini. Di mana menambah tekanan gas dalam rekahan sehingga keluar lebih banyak.

Kawah Timbang merupakan kawah yang terletak di dekat Sinila dan beraktivitas sedang. Kawah ini merupakan sumber gas CO2 berkonsentrasi tinggi yang berdampak pada 149 korban pada tahun 1979.

Antisipasi dan pemberdayaan masyarakat sudah dilakukan, antara lain memetakan ancaman Kawah Timbang dan rekahan yang dilakukan PVMBG. DeteksiĀ  gas beracun oleh BPPTKG, BPPT, Informasi Peringatan Dini yang dilakukan secara berkala. (ren)

Puluhan Karyawan Pabrik Kerupuk Keracunan Jamur
Wisata di Dataran Tinggi Dieng.

Wisata Dieng Mendunia tapi Kurang Hotel Berbintang

Gubernur Jateng janji akan kembangkan infrastruktur penunjang.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2016