Wakil Aceh di Puteri Indonesia 2015 Dipertanyakan

Elvira Devinamira Puteri Indonesia 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Keikutsertaan Jeyskia Ayunda Sembiring, gadis asal Provinsi Riau yang mewakili Aceh di ajang pemilihan puteri Indonesia 2015 mulai dipertanyakan. Gadis yang diduga tidak memiliki rekomendasi dari provinsi untuk ikut ajang tersebut dinilai telah mencoreng adat dan budaya Aceh.

Bukan tanpa sebab, warga Aceh menilai penampilan Jeyskia Ayunda di ajang tersebut sama sekali tidak mencerminkan budaya Aceh. Banyak kalangan di Aceh menilai, cara berpakaian wakil Aceh itu tidak sesuai dengan budaya dan agama yang dianut oleh warga Aceh.

"Kami sangat kecewa melihat penampilannya (Jeyskia), sebagai orang Aceh, kita lihat dia tidak mewakili orang Aceh. Bahkan bisa dikatakan telah mencoreng adat budaya dan agama Islam," ujar Novi, warga Lhokseumawe, kepada VIVA.co.id, Sabtu, 14 Februari 2014.

Ia meminta Pemerintah Aceh segera melakukan klarifikasi, mengapa wakil Aceh diajang tersebut bisa diwakilkan oleh gadis asal Riau tersebut. "Ke depan hal seperti ini tidak boleh terjadi lagi. Wakil Aceh di ajang apapaun harus menunjukkan ciri khas Aceh," kata Novi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi, mengatakan, instansinya tidak pernah mengeluarkan surat rekomendasi atau izin kepada Jeyskia. Namun ia mengtakan, tidak semua ajang harus ada rekomendasi dari pemerintah.

"Saya belum mengerti masalah Puteri Indonesia itu. Setahu saya belum ada yang mengeluarkan surat izin untuk mengikuti Puteri Indonesia. Kita cuma mengeluarkan izin untuk Puteri Pariwisata yang setiap tahunnya kita kirim untuk ikut kontes," katanya.

Jeyskia Ayunda Sembiring, merupakan dara kelahiran Lhokseumawe, 8 Agustus 1992. Meski lahir di Aceh, gadis berusia 22 tahun tersebut berdomisili di Pekan Baru, Riau. Nama Sembiring sendiri didapatkan dari Ayahnya yang bermarga Sembiring.

Begini Cara Puteri Indonesia 2015 Tangkal Bullying di Medsos

Rencananya, ajang pemilihan puteri Indonesia yang ke-19 itu akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada Jumat 20 Februari 2015.

Baca Juga:

Gresya Amanda Raih Gelar di Ajang Miss Supranational 2015
Fesyen ala Anindya Kusuma Putri, Puteri Indonesia 2015

Ini Syarat Jadi Kekasih Puteri Indonesia 2015

Wanita berusia 23 ini tidak mencari kriteria khusus, hanya ini saja.

img_title
VIVA.co.id
20 Januari 2016