Tagih Janji, PRT Ancam Mogok Makan

ilustrasi pekerja domestik Saudi
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Kelompok yang tergabung dalam Komite Aksi Perlindungan Pekerja Rumah Tangga dan Buruh Migran (KAPPRTBM) akan melakukan aksi menagih janji kepada DPR RI dan pemerintah.

Aksi tersebut berupa mogok makan yang akan dilakukan, Senin 16 Februari 2015, di depan Gedung DPR sambil menyuarakan hak mereka dalam meminta perlindungan saat bekerja.

JALA PRT bersama anggota berbagai wilayah di Indonesia dan dalam KAPPRTBM, KSPI, KSBSI, KSPSI, JBM, Komite Aksi Perempuan di hari Pekerja Rumah Tangga pada hari ini, telah menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Mendesak DPR RI untuk menetapkan dan mempertahankan RUU Perlindungan PRT dan Ratifikasi Konvensi ILO no. 189 Kerja Layak PRT dalam Proritas Prolegnas 2015.

2. Mendesak DPR RI dan Menteri Tenaga Kerja untuk melakukan Pembahasan, Pengesahan RUU Perlindungan PRT dan Ratifikasi Konvensi ILO no. 189 Kerja Layak PRT segera.

3. Mendesak DPR RI dan pemerintah untuk mewujudkan perlindungan hukum dan langkah strategis perubahan hukum yang tidak diskriminatif bagi PRT di Indonesia.

Kisah Perjalanan Para TKI Jadi Korban Kerja Paksa di Malaysia

(ren)

BBC Indonesia

Cerita TKI Hong Kong Kena COVID-19 Ditelantarkan Majikan

Koalisi organisasi pekerja migran di Hong Kong mengatakan para pekerja rumah tangga "ditelantarkan" di tengah pandemi gelombang kelima.

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2022