Sepekan Banjir, Penyakit Serang Warga Kalimantan Utara

Banjir di Gresik. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • Mohammad Zaini/Gresik

VIVA.co.id - Pasca banjir sepekan ini, warga Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara sudah mulai terserang wabah penyakit kulit dan gangguan pernafasan atau infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Menurut data dari Dinas Kesehatan Bulungan, warga yang sudah terserang penyakit kulit, gatal-gatal dan ISPA sudah mencapai ratusan hingga hari ini.

Misalnya warga yang ada di Jalan Semangka, Gang Surya, sejumlah warga terserang penyakit kulit hingga saat ini warga belum mendapatkan bantuan obat-obatan. Mereka berharap pemerintah segera memberikan bantuan terutama obat-obatan yang dibutuhkan dan pembersihan di kawasan rumahnya yang masih banyak sampah ataupun lumpur akibat banjir.

Salah satu warga di Jalan Semangka, Rahmawati, Senin 16 Februari 2015, mengaku memerlukan bantuan berupa obat-obatan untuk gatal-gatal karena dia dan keluarga sudah mulai terserang penyakit kulit.

Kondisi serupa dialami oleh warga lainnya, Alfi Safrin.  Tiga hari sejak banjir, Alfi sudah menderita penyakit gatal-gatal. Hampir di seluruh tubuhnya sudah muncul bintik-bintik merah dan rasa gatal yang semakin menjadi.

Kepala Dinas Kesehatan Bulungan, Aryani, mengatakan sudah melakukan pengobatan sesuai indikasi penyakit yang muncul dan terus melakukan penyuluhan ke pada warga baik perorangan maupun kelompok. Instansinya akan terus melakuan antisipasi pasca banjir yang terjadi, salah satunya melakukan bersih-bersih massal agar tidak terjadi ledakan penyakit lainnya seperti demam berdarah.

Muhammad Tahir, Didik

Baca Juga:

1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan
Banjir di Gorontalo

Anggaran Banjir Minim, Belum Semua Sungai Dibenahi

Kementerian PUPR akan buat skala prioritas.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016