Gerindra: Putusan Praperadilan Sinyal Kuat Lantik Budi

Komjen Budi Gunawan usai menjalani fit and proper test di Gedung DPR.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
<
Kapolri Akan Pensiun, Jokowi Diminta Cermat Pilih Pengganti
p>
Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun
VIVA.co.id - Partai Gerindra menilai putusan praperadilan yang memenangkan Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan adalah sinyal kuat bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melantiknya sebagai kapolri. Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan, putusan ini harus menjadi pijakan Presiden segera melantik Komjen Pol Budi sebagai Kapolri.
Kapolri Badrodin: Semua Perintah Saya, Bukan Budi Gunawan


"Proses keputusan pengadilan ini menjadi sinyal yang lebih kuat. Presiden harus melakukan pelantikan atas apa yang sudah dilakukan," kata Muzani, di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 16 Februari 2015.


Sebelum putusan praperadilan, kata Muzani, memang banyak persoalan yang membuat Presiden belum melantik Budi karena ada kegamangan dari Jokowi, apakah melantik atau tidak. Tapi dengan putusan praperadilan ini, Muzani menganggap tidak ada alasan lagi membatalkan pelantikan.


"Ini tidak ada alasan untuk menunda. Selama ini Presiden gamang dan ragu, hambatan yang ditemukan dalam proses konstitusi dengan keputusan pengadilan ini maka Presiden harus melantik," katanya lagi.


Muzani mengingatkan, agar pasca putusan ini tidak lagi mengulur waktu. Apalagi jika membatalkan pelantikan ini.


"Bisa potensi
problem
baru ketatatanegaraan kita. DPR
kan
dari Presiden untuk calon tunggal, tidak pernah menganulir, DPR sudah memproses, ini bisa menjadi
problem
baru," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya