Waspada, Terdengar Suara Gemuruh di Puncak Gunung Raung

Puncak Gunung Raung, di Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso.
Sumber :
  • bondowosokab.go.id
VIVA.co.id -
Erupsi Gunung Dukono, 12 Desa Terpapar Abu Vulkanik
Aktivitas kegempaan vulkanik Gunung Raung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur masih tinggi. Bahkan, sempat terdengar suara gemuruh di puncaknya.

Dukono Erupsi, Penutupan Bandara Gamarmalamo Diperpanjang

Berdasarkan informasi tertulis yang disampaikan Kepala Badan Geologi dari Kementerian ESDM, Surono, suara gemuruh dari puncak Gunung Raung terdengar hingga ke pos pengamatan gunung api (PGA) Raung yang jaraknya 4 kilometer dari Raung.
Erupsi Gamalama Berlanjut, Penumpang Tertahan di Bandara


Suara gemuruh berdimensi sedang dan terjadi secara berkala terhitung sejak pukul 06.00 WIB hingga 12.00 WIB, Selasa 17 Februari 2015.


Suara gemuruh berasal dari pusat letusan Gunung Raung. Namun, tidak bisa teramati secara visual sebab Raung sedang ditutup kabut.


Yang terpantau hanya asap kelabu sedang yang menyembur hingga ketinggian 200 meter dari puncak sejati.


Data seismograf di Pos PGA Raung mencatat, dalam enam jam terakhir, terekam terjadi 28 kali tremor harmonik dengan durasai antara 120 hingga 1020 detik.


Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana Geologi (PVMBG) telah menetapkan status waspada pada Raung dan mengeluarkan rekomendasi agar gunung itu bebas dari aktivitas warga dalam radius dua kilometer dari kawah letusan.



Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya