Kodam Papua Barat Dipimpin Jenderal Bintang Dua

Panglima TNI Buka Latgab Latihan Gultor TNI Tri Matra IX 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Pemekaran Kodam Cenderawasih menjadi dua akan semakin terwujud dengan rencana pembangunan gedung Kodam Papua Barat di Manokwari, Papua Barat. Pembangunan itu rencananya akan dimulai bulan Maret mendatang.

Pangdam 17 Cenderawasih, Mayjen Fransen G Siahaan, mengatakan, pembangunan gedung Kodam di Papua Barat akan dilaksanakan di atas lahan 24 hektare. "Lahan untuk pembangunan gedung Kodam Papua Barat di Manokwari tepat di lokasi Kompi C Batalyon Infantri 752,"ujar Pangdam, Rabu, 18 Februari 2015.

Pembangunan, lanjut Fransen akan dilaksanakan oleh pemerintah pusat. "Yang membangun pusat, sesuai rencana gedungnya 4 lantai,"ucapnya.

Menurut Pangdam, Kodam baru Papua Barat nantinya akan dipimpin jenderal bintang dua. "Kodam Papua Barat sama dengan Kodam lain di Indonesia, dipimpin jenderal bintang dua, ada juga Kasdamnya," ucapnya.

Dengan adanya pemekaran Kodam Papua Barat, sambungnya, pemekaran Korem maupun Kodim kemungkinan besar juga akan dilakukan. "Korem maupun Kodim bisa saja dimekarkan tapi bisa juga dipertahankan sesuai dengan jumlah yang ada saat ini," ujarnya.

Mengenai kebutuhan personel, tambah Pangdam, itu tergantung luas wilayah yang menjadi teritorial Kodam Papua Barat serta tingkat kerawanannnya. "Dengan adanya Kodam baru tentu juga butuh penambahan personel, tapi seberapa banyak akan dilihat dari berbagai aspek," jelas dia.

Pasukan Garuda Juara Umum Ajang Olahraga di Afrika

Baca juga:

Freddy Budiman semasa hidup saat di Lapas Nusakambangan

Begini Cara TNI Ungkap Testimoni Freddy Budiman

TNI telah membentuk tim investigasi mengusut informasi ini

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016