Pimpinan DPR: Keputusan Jokowi Menangkan KPK dan Polri

DPR Bahas Surat Jokowi di Rapat Bamus
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto menilai, keputusan Presiden Joko Widodo akan menghentikan polemik di masyarakat terkait kontroversi pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai kapolri.

Jokowi Naksir Johan Budi Sejak Lama

"Ini merupakan kesempatan emas bagi Pak Jokowi untuk ambil kebijakan. Yang penting KPK dan Polri bisa diselamatkan," ujar Agus di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu, 18 Februari 2015.

Menurut dia, pimpinan DPR mengapresiasi dua keputusan Jokowi, yakni membatalkan pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai kapolri dan memberhentikan sementara dua pimpinan KPK, Abraham Samad dan Bambang Widjojanto.

KPK-Polri, Kabareskrim: 'Sesama Bus Kota Tidak Mendahului'

"Kami akan terus mendukung. Kedua institusi itu penting. Keduanya harus diselamatkan. Tidak boleh ada yang dikalahkan," katanya.

Menurut dia, saat ini DPR dalam posisi menunggu surat dari Presiden guna menindaklanjuti dua keputusan tersebut. Nantinya, rekomendasi DPR RI akan memastikan posisi di dua lembaga penegak hukum tersebut.

Pimpinan KPK Kunjungi Mabes Polri, Mau Eratkan Kerjasama

"Untuk calon kapolri dimungkinkan kami melakukan uji kelayakan dan kepatutan. Dan keputusan Presiden memberhentikan dua pimpinan KPK, kami harap secepatnya, karena sudah masuk masa reses. Sesuai perundang-undangan, kami bisa melakukan kegiatan di masa reses setelah pimpinan DPR dan pimpinan fraksi melakukan rapat," ujar dia. (art)

Baca juga:

Gedung KPK di Jakarta

Perwira Menengah Polda se-Indonesia Datangi KPK

Mereka dipimpin langsung Kepala Divisi Hukum Mabes Polri.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2016