Komjen Badrodin: Pendiam, Tapi Tegas

Komisaris Jenderal Badrodin Haiti
Sumber :
  • Dhoni Setiawan/ANTARA

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo akhirnya membatalkan pencalonan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai Kapolri. Jokowi mengajukan kembali calon Kapolri baru, yakni Komjen Pol Badrodin Haiti untuk mendapat persetujuan DPR.

Saat ini, Komjen Badrodin Haiti menjabat Wakapolri sejak Februari 2014 lalu. Dia menggantikan Komjen Oegroseno yang telah masuk masa pensiun.

Jauh sebelum menjadi perwira tinggi Polri, Badrodin yang merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1982 itu diketahui pernah bertugas sebagai Wakasat Reskrim Polres Depok selama setahun, kemudian menjadi Kapolsek Pancoran Mas, Kota Depok sekitar tahun 1984-1985.

"Setahu saya dia datang ke Depok tahun 84 dengan pangkat letnan dua atau letnan satu saya lupa. Saat itu, Polresta Depok baru dipindahkan ke Margonda dari Pancoran Mas. Nah Pak Badrodin ini adalah Akpol pertama yang datang ke Depok," kata Kapolsek Pancoran Mas, Kompol Purwadi kepada VIVA.co.id, Rabu, 18 Februari 2015

Purwadi yang mengaku pernah menjadi anak buah Badrodin saat bertugas di Kota Depok, mengenal mantan Kapolda Jawa Timur itu sebagai sosok yang pendiam namun tegas. "Sosoknya pendiam tapi tegas, ya orang serse kan memang rata-rata seperti itu, yang jelas orangnya baik" terang Purwadi.

Badrodin mengawali karirnya di kepolisian sebagai Danton Sabhara Dit Samapta Polda Metro Jaya pada tahun 1982 dengan pangkat Inspektur Dua (Ipda).

Setahun kemudian, Badrodin ditugaskan menjadi Kasubro Ops Polres Metro Depok Polda Metro Jaya. Pada tahun yang sama, Badrodin dipindah tugaskan lagi dan menjabat sebagai Kapolsek Pancoran Mas Polres Metro Depok Polda Metro Jaya.

Karier di kepolisian terus menanjak. Seiring pangkatnya yang juga meningkat. Badrodin pernah menduduki jabatan strategis di daerah seperti, Kapolda Banten (2004), Kapolda Sulawesi Tengah (2006) dan Kapolda Sumatera Utara (2009-2010).

Badrodin pernah menjabat Kapolda Jawa Timur sejak 2010 hingga 2011, Badrodin ditarik ke Mabes Polri dan menjabat Koorsahli Kapolri. Jabatan terakhirnya sebelum menjabat Wakapolri yakni, Kabaharkam Mabes Polri sejak 2 Agustus 2013.

Karir pria kelahiran Jember tahun 1958 itu kian menanjak. Dia diusulkan menjadi calon Kapolri oleh Presiden Joko Widodo, menggantikan calon sebelumnya Komjen Budi Gunawan yang terganjal karena sempat ditetapkan sebagai tersangka di KPK.

Baca juga:

Usut Kasus Pembubaran Seminar, Kapolri Terjunkan Propam
Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Aparat yang Tangkap Santoso Dijanjikan Naik Pangkat

Aparat akan diberikan kenaikan pangkat luar biasa.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2016