Mungkinkah Budi Gunawan Jadi Wakapolri?

Wakil Kepala Kepolisian RI, Komjen Pol Budi Gunawan.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo membatalkan pencalonan Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan sebagai kapolri, Rabu 18 Februari 2015. Jokowi mengusulkan Komjen Badrodin Haiti sebagai penggantinya.

Namun, Presiden tak menjelaskan posisi apa yang akan diberikan kepada Budi Gunawan setelah batal dilantik. Sebab, dia hanya meminta Budi Gunawan tetap berkontribusi kepada kepolisian.

Ketika ditanya apakah mungkin Budi Gunawan akan menjadi wakil kepala kepolisian, Badrodin tak mau berspekulasi. "Itu nanti persetujuan Presiden," kata Badrodin di Istana Kepresidenan.

Untuk jabatan wakapolri, kata Badrodin, nanti akan dibahas di Dewan Jabatan dan Kepangkatan. "Sangat tergantung dari presiden, nanti kan kita akan proses," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan pembatalan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri sudah melalui pertimbangan yang mendalam.

Kata Pratikno, Presiden juga sudah melakukan pembicaraan dengan Badrodin dan Budi Gunawan. "Sekali lagi bahwa nanti Presiden mengharapkan Pak Budi Gunawan tetap membantu kepolisian," katanya.

Usut Kasus Pembubaran Seminar, Kapolri Terjunkan Propam

Sebelum menjadi calon kapolri, Budi Gunawan menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polri. (one)

Kapolri: Bom Thamrin Dikendalikan Lima Kelompok Teroris

Baca juga:

LBH Pers: Kepolisian Jadi Lembaga Paling 'Baper'

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Aparat yang Tangkap Santoso Dijanjikan Naik Pangkat

Aparat akan diberikan kenaikan pangkat luar biasa.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2016