Bentrok di Maluku, Delapan Rumah Terbakar

bentrok ambon
Sumber :
  • TV One / Harry Radjabaycolle

VIVA.co.id – Sedikitnya delapan unit rumah milik warga Dusun Waitomu, di Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, hangus terbakar. Delapan unit rumah lainnya rusak berat saat terjadi aksi saling serang, antara warga Desa Hila dan warga Dusun Waitomu, pada Kamis, 19 Februari 2015.

Aksi saling serang ini, diduga dipicu penikaman yang dilakukan H, 22 tahun warga Dusun Waitomu, terhadap P, 28 tahun warga Desa Hila, pada pukul 14.00 WIT, pada Kamis. Warga Desa Hila tidak menerima tindakan pelaku yang berani menikam salah satu warganya, di Pantai LIPI yang hanya berjarak, ratusan meter dari Desa Hila. Bentrok yang terjadi berujung pembakaran.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, AKBP Komaruz Zaman mengatakan, “Akibat bentrok kedua kelompok warga, sejumlah rumah dibakar dan dirusak.

Dua Warga Tewas, Kota Ternate Masih Mencekam

Walau demikian, Kapolres mengakui pasca penyerangan, situasi berangsur-angsur pulih. Selain itu sudah dilakukan pertemuan antara tokoh di perbatasan Hila dan Dusun Waitomu

Sementara itu Raja Hila, kepala pemuda Hila dan kepala Dusun Waitomu serta kepala pemuda Waitomu, akan dimintai keterangan untuk mencari pelaku pembakaran, dan pengerusakan rumah.

Dua Kelompok Tani Saling Bacok Berebut Lahan Jagung

"Serta dicari langkah perdamaian antara Hila dan Waitomu. Saat ini, personel TNI dan Polri berada di TKP untuk memantau proses perdamaian dan penegakkan hukum," tutur Kapolres.

Baca juga:

Tokoh-tokoh Agama Maluku Dikumpulkan Pangdam




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya