Polemik KPK-Polri, Ini Janji Badrodin

Taufiequrachman Ruki dan Badrodin Haiti di Pelantikan Pimpinan Sementara KPK
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Calon Kapolri Komisaris Jenderal Polisi, Badrodin Haiti, mengatakan, Kepolisian Republik Indonesia telah melakukan kesepakatan untuk mencari jalan keluar polemik antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri.

"Tadi, kami membicarakan kerangka penyelesaian KPK dan Polri. Kami punya komitmen bersama menyelesaikan kasus ini segera," ujar Badrodin, di Mabes Polri, Jumat 20 Februari 2015.

Kata Badrodin, dalam pertemuan ini akan menjalin kerja sama untuk menyelesaikan masalah korupsi yang sudah lama mengakar di negeri ini. "Kami akan mempererat kerja sama ke depan dalam memberantas korupsi," katanya.

Menurut Badrodin, untuk penyelesaian persoalan yang menimpa lembaga penegak hukum itu harus benar-benar melibatkan kedua pimpinan, sehingga akan menemukan titik terang jalan keluarnya.

"Nanti untuk masalah teknis kami akan membahas di antara pimpinan KPK dan Polri," tuturnya.

Ke depan, Badrodin berharap bahwa kasus ini agar cepat selesai, dan tidak ada lagi perseteruan di antara lembaga penegak hukum itu. "Ke depannya, kasus ini bisa segera diselesaikan secara keseluruhan," ujarnya.

Tidak ada konflik

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPK, Taufiequrachman Ruki, menyimpulkan tidak ada konflik yang terjadi antara KPK dan Polri.

"Kesimpulan saya satu. Tak ada konflik KPK atau Polri. Kalau ada saya kejepit. Satu sisi saya Purnawirawan Polri dan satu sisi saya mantan KPK," ucap Ruki kepada wartawan.

Ruki juga menyatakan, insiden yang belakangan ini terjadi bukanlah sebuah konflik, melainkan hanya gesekan friksi yang memang merupakan dinamika dalam menjalankan fungsi dan tugas sebagai penegak hukum.

Friksi tersebut, menurut Ruki, terjadi karena KPK menyidik korupsi yang melibatkan personel kepolisian. Serta kepolisian juga menyelidiki kasus tersebut berdasarkan laporan masyarakat yang kebetulan anggota KPK.

"Yang saya sesalkan kenapa harus berbarengan. Tapi, ternyata persoalannya tidak by design," ucap Ruki. (art)


Baca juga:

Jokowi Naksir Johan Budi Sejak Lama

KPK-Polri, Kabareskrim: 'Sesama Bus Kota Tidak Mendahului'

Pimpinan KPK Kunjungi Mabes Polri, Mau Eratkan Kerjasama
Gedung KPK di Jakarta

Perwira Menengah Polda se-Indonesia Datangi KPK

Mereka dipimpin langsung Kepala Divisi Hukum Mabes Polri.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2016