'Polisi Saat Ini Lebih Mirip Preman'

Mantan Menko Maritim Rizal Ramli.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Pengamat Ekonomi, Rizal Ramli, mengaku kecewa terhadap kinerja polisi saat ini. Menurutnya polisi saat ini lebih mirip preman ketimbang sebagai aparat pengamanan.

"Mereka seperti kacang lupa pada kulitnya. Dulu zaman Gus Dur dipisah dengan ABRI agar lebih fokus kerjanya, bukan malah begini lupa diri," ujar Rizal saat selesai Orasi 'Save KPK Bangun Polisi Bersih' di Bundaran HI, Jakarta, Minggu 22 Februari 2015.

Dia juga mengancam dan mengajak masyarakat jika tindakan aparat kepolisian masih seperti ini, akan ajukan UU (undang-undang) untuk memasukkan polisi di bawah naungan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) atau di bawah struktural gubernur.

"Kalau perlu kita ajukan UU, agar mereka dimasukkan di struktural Mendagri atau gubernur, biar kayak Satpol PP," tuturnya.

Tak hanya itu, dirinya juga mengecam, banyaknya para jenderal polisi yang berbadan gemuk.

Selain itu, terkait pelantikan tiga dan calon ketua KPK yang baru, dia mengharapkan agar presiden memilih orang-orang yang bersih dan jujur dengan melihat latarbelakangnya.

Jokowi Naksir Johan Budi Sejak Lama

"Masih banyak orang yang di luar tiga calon tersebut bersih dan layak menjadi ketua KPK yang baru. Taufiequrachman Ruki orang jujur dan baik, tapi bukan orang berani, sementara Indriyanto Seno Adji tidak pantas jadi ketua KPK karena punya track record selalu bela koruptor," tegasnya.

Baca juga:

KPK-Polri, Kabareskrim: 'Sesama Bus Kota Tidak Mendahului'
Gedung KPK di Jakarta

Perwira Menengah Polda se-Indonesia Datangi KPK

Mereka dipimpin langsung Kepala Divisi Hukum Mabes Polri.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2016