Alasan SDA Ikuti Jejak Komjen Budi Gunawan

suryadharma ali ajukan pra peradilan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Tersangka kasus korupsi penyelenggaran haji, Suryadharma Ali mengajukan gugatan praperadilan terkait status tersangkanya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 23 Februari 2015.

Kuasa hukum Suryadharma Ali, Johnson Panjaitan, mengatakan dalam dokumen rumah kaca disebutkan secara jelas dan detail bahwa mantan Menteri Agama itu telah menjadi komoditi yang ditransaksikan Ketua KPK nonaktif, Abraham Samad.

Menurut dia, Suryadharma telah dijadikan target oleh KPK agar mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan itu mendapatkan stigma politik yang buruk. Apalagi saat penetapan SDA sebagai tersangka menjelang pemilihan umum.

"Faktanya itu memang ada. Pak Suryadharma Ali disebut-sebut sejak awal,
dalam konteks penegakan hukum," kata Johnson di bilangan Jakarta Selatan.

Jhonson meminta para pimpinan KPK yang baru menghormati proses hukum ini. Karena praperadilan ini tidak berada di ruang hampa, tapi dapat diawasi dan disaksikan langsung oleh masyarakat.

Kubu SDA mengingatkan, permohonan praperadilan ini merupakan 'teguran' agar kesalahan-kesalahan yang dilakukan penyidik KPK dalam menetapkan seseorang sebagai tersangka tidak terjadi lagi.

"Bukan hanya dialami oleh Suryadharma Ali, tapi juga Departemen Agama yang menyelenggarakan haji. Ini penting untuk disaksikan bersama," ujar Jhonson.

Johnson menilai apa yang dilakukan oleh kliennya adalah sebuah upaya untuk membenahi mekanisme pengawasan KPK. "Dia sangat mendukung kepemimpinan yang sekarang. Melalui proses hukum ini pak Suryadharma Ali juga ingin berkontribusi," kata Johnson.

Permohonan ini diajukan untuk memeriksa sah atau tidaknya penetapannya sebagai tersangka korupsi haji oleh KPK.

"Permohonan ini diajukan karena ingin mencari keadilan, akibat
perlakuan semena-mena. Padahal KPK belum punya bukti permulaan yang
cukup," kata kuasa hukum SDA lainnya, Humphrey Djemat di Jakarta. (ase)

Baca juga:

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh


Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024