Bambang Widjojanto Kembali Tak Penuhi Panggilan Bareskrim

Bambang Widjojanto Di Wawancara KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, Bambang Widjojanto kembali memastikan tidak akan memenuhi panggilan Bareskrim Mabes Polri, Jumat 27 Februari 2015. Pria yang akrab disapa BW itu sedianya menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan mengarahkan saksi memberikan keterangan tidak benar di persidangan.

"Pak BW hari ini tidak datang karena masih ada urusan di KPK, sehingga KPK akan mengirimkan surat langsung ke Bareskrim," kata salah satu pengacara Bambang, Lelyana Santosa, di Gedung KPK.

Pemeriksaan BW pada hari ini merupakan penjadwalan ulang, setelah pada Selasa lalu, dia tidak memenuhi panggilan penyidik Bareskrim. Namun, Lelyana memastikan bahwa kliennya akan hadir dalam pemeriksaan selanjutnya.

Saat disinggung mengenai alasan ketidakhadiran BW pada pemeriksaan kali ini, Lelyana enggan berkomentar banyak. Dia hanya menyebut bahwa kegiatan tersebut merupakan urusan internal KPK.

"Urusan internal, saya belum bisa menjelaskan," ujar Lelyana.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Tim penyidik Bareskrim Polri segera melimpahkan berkas perkara Bambang ke kejaksaan. Namun, pelimpahan perkara tersebut menunggu pemeriksaan terakhir yang bersangkutan.

Rencananya, kepolisian melakukan pemeriksaan kepada Bambang pada hari ini. Bila tidak datang, mereka akan memanggil paksa pada pekan depan.

Bambang diduga memerintahkan saksi memberikan keterangan palsu dalam sidang sengketa pilkada Kotawaringin Barat antara Sugianto Sabran dan Ujang Iskandar di Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2010. Sidang MK itu pada akhirnya memenangkan Ujang Iskandar.

Merasa dirugikan karena sebelumnya memenangkan pilkada, Sugianto Sabran akhirnya melaporkan Bambang yang pada waktu itu menjadi kuasa hukum Ujang ke polisi. Namun, belakangan Bambang protes karena pasal yang dikenakan padanya bertambah.

Baca juga:

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim
Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024