600 Hektare Hutan Gunung Cipicung Disikat Pembalak Liar

Pembalakan liar di kawasan hutan Gunung Seulawah, Aceh Besar
Sumber :
  • Antara/ Ampelsa
VIVA.co.id -
Asyani Divonis Bersalah, Pembalakan Liar Tak Tersentuh Hukum
Sedikitnya 600 hektare lahan hutan di Gunung Cipicung, Desa Sukamulya, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Jawa Barat, saat ini dalam kondisi rusak akibat kegiatan pembalakan liar oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Biadab! Israel Eksekusi Anak Palestina Beramai-ramai dari Usia 4-16 Tahun

Wakil Bupati Garut, Helmy Budiman, usai inspeksi mendadak ke lokasi hutan Gunung Cipicung mengatakan, geram setelah menyaksikan kondisi hutan dalam kondisi sangat memprihatinkan akibat perbuatan para penebang liar.
Kasus Pemalsuan Surat Lahan, Gubernur Kepri Sebut Bisa Diselesaikan dengan Musyawarah


“Parah, mereka tidak pernah berpikir, akibat hutan rusak bisa menimbulkan bencana alam," ujarnya, Jum'at 27 Februari 2015 kepada wartawan.


Seluas 600 hektare hutan dinyatakan rusak akibat pembalakan liar. Di lokasi kejadian, Helmi didampingi Komandan Distrik Militer 0611 Garut, Letkol. B. Hadi Suseno,


Dia mengungkapkan, kerusakan hutan di Gunung Cipicung sudah tidak bisa ditolelir. Menurutnya, apa yang terjadi saat ini bisa dikatakan sebagai bagian dari rusaknya moral yang bisa bepengaruh terhadap kehidupan masyarakat sekitar hutan.


"Cadangan air bisa hilang dengan rusaknya hutan. Belum lagi dampak kekeringan, banjir bandang, dan sebagainya," ungkapnya.


Letkol B. Hadi Suseno mengajak masyarakat tidak hanya berpikir untuk diri sendiri, tetapi juga untuk generasi yang akan datang.


Menurutnya, masyarakat bisa memanfaatkan hutan, tetapi tidak dengan merusaknya.


"Boleh memanfaatkan hutan, tetapi bukan untuk dirusak," ungkapnya.


Dia menambahkan, pada sidak di hutan Cipicung, rombongan menemukan barang bukti berupa gergaji
chain saw
dan satu dirigen bensin, serta satu pohon pinus yang baru ditebang. Sayangnya, pelaku penebang liar berhasil melarikan diri.


Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya