80 Rumah di Jambi Ambruk Diterjang Angin Puting Beliung

Angin puting beliung di Bandung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra

VIVA.co.id - Bencana angin puting beliung kembali melanda Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Provinsi Jambi. Kali ini sedikitnya 80 rumah warga di RT 03 dan 04 Dusun Suka Negara, Desa Lambur Luar, ambruk dihantam angin kencang.

Dari keterangan Jamaludin, salah seorang warga Dusun Suka Negara, peristiwa bencana tersebut terjadi pada Jumat malam, 27 Februari 2015 antara pukul 22.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Selain menghantam dan merusak puluhan rumah warga. Tiupan angin kencang disertai hujan gerimis itu juga merobohkan lima tiang listrik.

Jamaludin menyebutkan, dari pendataan sementara, akibat bencana itu ada 40 unit rumah dalam kondisi rusak berat, 20 unit rumah rusak sedang, 20 unit rusak ringan, satu unit masjid dan puskesmas rusa,k ditambah lima tiang listrik roboh.

"Akibat tiang listrik roboh, mengakibatkan arus listrik di Desa Lambur Luar padam," kata Jamaludin, Sabtu 28 Februari 2015.

Beruntung tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. Sementara, tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanjabtim dibantu aparat kepolisian dan TNI sudah turun ke lokasi sekaligus melakukan pendataan kerugian materiil akibat musibah tersebut.

Sementara itu, Camat Muarasabak Timur, Idris mengatakan, untuk meringankan korban, pemerintah Tanjabtim sudah menyalurkan bantuan kebutuhan pokok, di antaranya seperti beras, mie instan, makanan siap saji, minuman mineral, dan peralatan dapur.

"Kalau untuk warga yang atap rumahnya beterbangan langsung berupaya memperbaiki. Sebagian warga lainnya terpaksa mengungsi ke rumah saudara maupun tetangga yang rumahnya tidak rusak," jelas Idris.

Waspada Longsor, Banjir dan Puting Beliung di Awal 2016

Baca juga:



Gerbang pembayaran non-tunai jalan tol.

Atap Diperbaiki, Gerbang Tol Cikunir 2 Tetap Beroperasi

Perbaikan atap gerbang tol diperkirakan makan waktu satu bulan.

img_title
VIVA.co.id
15 Februari 2016