Putra Papua Pimpin KNPI

Ketua Umum KNPI Taufan EN Rotorasiko
Sumber :
  • ANTARA/Adi Lazuradi
VIVA.co.id
Tokoh Adat Papua Minta Tak Ada Politik Uang di Kongres KNPI
- Calon dari Papua terpilih menjadi Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia dalam konggres di Jayapura yang berakhir 1 Maret 2015. Muhamad Rivai Darus terpilih untuk tiga tahun ke depan menggantikan Taufan EN Rotorasiko.

Kongres KNPI Di Papua Ricuh, Pimpinan Sidang Dipukuli

Kemenangan Rivai pada Kongres XIV menandakan kebangkitan orang-orang Papua, setelah sebelumnya Bahlil Lahadalia terpilih sebagai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia.

Dalam kongres yang molor hingga 1 Maret itu, Muhamad Rivai Darus menyingkirkan saingan terberatnya Ahmas Sahroni melalui dua putaran. Pada putaran pertama yang diikuti 8 kandidat, Rivai dan Sahroni mengusai suara. Sementara kandidat lain tidak ada di atas 10 suara. Rivai memperoleh 88 suara dan Sahroni 80 suara dari total 187. Karena tidak ada yang ada yang penuhi 50 prsen plus 1, akhirnya dilanjutkan ke putaran kedua.

Rivai kemudian memperoleh 121 suara melawan 62 dari total 183 suara. Sisanya abstain. Kemenangan itu disambut gembira, GOR Cenderawasih kemudian bergemuruh.

Kepercayaan menjadi ketua umum DDP KNPI, kata Rivai, akan dimanfaatkan untuk konsolidasi seluruh pemuda Indonesia, untuk mempererat persatuan dan kesatuan berbangsa. "Saya juga ingin tunjukan, bahwa Pemuda Indonesia masih ada dan terus ada untuk negeri ini," katanya.

Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe dalam sambutannya usai menutup resmi Kongres KNPI ke XIV mengatakan, terpilihnya Rivai Darus sebagai ketua KNPI pusat membuktikan, bahwa pemuda Papua punya potensi atau kemampuan untuk berkaya di level nasional. "Saat ini memang sedang terjadi masa kebangkitan orang Papua," katanya, mengklaim.

![vivamore="
Kongres KNPI, Putra Papua Harus Siap Bertarung
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya