Biaya Haji Berpeluang Turun Hingga Rp7 Jutaan

rombongan haji
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Biaya Haji 2016 Diperkirakan Tak Naik
- Ketua Panja Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid optimistis biaya ibadah haji bisa ditekan lebih besar lagi dari US$200 menjadi sekitar US$600 (Rp7 juta) dengan perhitungan kurs Rp12.000.

Tak Ada Visa, 265 Jemaah Haji Sulsel Gagal Berangkat

"Kita sudah hitung. Hitungan kami dengan Anggito Abimanyu (mantan pejabat Kemenag), itu ada peluang biaya haji  turun US$600. Ini akan terus jadi pedoman kami untuk negosisisi dengan pemerintah," katanya di Jakarta  Rabu 4 Maret 2015.

Dari hasil penghitungan tersebut, ada beberapa sektor biaya yang bisa ditekan. Di antaranya, biaya penerbangan, karena harga avtur (bahan bakar pesawat) turun, efisiensi petugas haji , efisiensi katering, dan pondokan, termasuk efisiensi transportasi darat.

"Begitu juga dengan biaya manasik haji dan buku. Itu bisa diefisiensikan.  Harusnya bisa ditekan hingga US$600," ujarnya.

Politisi Gerindra itu menjelaskan, penurunan biaya haji sebetulnya merupakan usulan Panja BPIH. Untuk meyakinkan, Panja BPIH Komisi VIII DPR RI akan mengobservasi ke beberapa mitra perusahaan kerja sama haji. Observasi yang rencananya dilakukan 13 Maret 2015 nanti, termasuk berkunjung dengan mitra kerja sama yang ada di Arab Saudi.

"Untuk memperkuat agumentasi itu, kita akan lakukan kunjungan ke mitra kerja haji di Arab Saudi," katanya.

Setelah dimatangkan evaluasinya, hasil penghitungan akan dibandingkan dengan hasil evaluasi dari Panja Kemenag. Pembandingan itu, rencananya dilakukan pada rapat Panja DPR RI dengan Panja Kemenag.

"Hasil penghitungan kami, nantinya akan disinkronkan dengan hasil penghitungan Panja Kemenag, yang jelas  peluang untuk penurunan haji ini mencapai hingga US$600," katanya. (asp)

Masjidil Haram Diperluas, Kuota Haji Tetap
vivamore=" Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya