Sekjen ESDM Diperiksa KPK

Kementerian ESDM Tanggapi Terkaitnya Jero Wacik Menjadi Tersangka
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Strategi Menteri Arcandra Targetkan PLTP 7.000 MW
- Sekretaris Jenderal Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Mochamad Teguh Pamuji, dijadwalkan menjalani pemeriksaan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Jumat 13 Maret 2015.

Wapres: Elektrifikasi RI Terendah di ASEAN

Dia akan diminta keterangannya terkait dugaan korupsi terkait kegiatan Sosialisasi, Sepeda Sehat dan Perawatan Gedung Kantor SESDM.

"Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka WK (Waryono Karno)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha.

Pada perkara ini, penyidik telah menetapkan satu orang tersangka yakni, mantan Sekjen Kementerian ESDM, Waryono Karno. Waryono diketahui kini telah ditahan oleh penyidik, dan penahanannya dititipkan di Rutan Guntur.

Waryono Karno resmi ditahan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, sejak 18 Desember 2014. Waryono telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada Rabu, 7 Mei 2014.

Ia diduga terlibat korupsi penggunaan anggaran dana Kesetjenan di Kementerian ESDM berupa Sosialisasi, Sepeda Sehat dan Perawatan Gedung Kantor Sekretariat.

Atas perbuatannya itu, Waryono dijerat pasal 2 ayat 1 dan/atau pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.

KPK menilai, Waryono diduga melakukan penyalahgunaan wewenang dalam penggunaan anggaran di Kesekjenan ESDM pada 2012 sebesar Rp25 miliar, terdiri atas sejumlah pengadaan barang dan jasa. Dalam kasus ini negara dirugikan sebesar Rp11 miliar.

Sebelumnya, Waryono juga ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan gratifikasi atau penerimaan hadiah atau janji di lingkungan Kementerian ESDM. (ase)

2024, Blok Masela Siap Produksi?

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Petugas PT PLN (Persero) melakukan pemeriksaan rutin di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Taman Jeranjang. Lombok, NTB.

PMA Tak Merata Akibat Kurang Listrik

Selama ini, hanya terkonsentrasi di pulau Jawa.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016