Belum Setahun Dibangun, Pelabuhan di NTT Ambruk

Larantuka, Flores Timur/Ilustrasi.
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki
VIVA.co.id
Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi
- Pelabuhan Waiwerang, yang berlokasi di Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, NTT, ambruk diterjang gelombang pasang. Sejumlah warga menduga proyek pengerjaan pelabuhan tersebut asal jadi.

Pemerintah Bakal Mudahkan Swasta Bangun Pelabuhan

Diketahui, pelabuhan ini dibangun pada 2014 dengan menggunakan dana APBN senilai miliaran rupiah. Sayangnya, belum setahun umurnya, pelabuhan ini ambruk lantaran dihantam gelombang pasang. Gelombang pasang memang terjadi sejak Januari lalu.
Sudah Saatnya Kapal Pelni Pakai e-Ticketing


Pelabuhan ini setiap hari disinggahi sejumlah kapal, baik dari Larantuka, ibu kota Flores Timur, menuju Lewoleba, Kabupaten Lembata. Akibat ambruknya pelabuhan ini, sejumlah aktivitas bongkar muat yang sering terjadi di sini tidak lagi terlihat.


"Padahal belum setahun dibangun. Mungkin proyek asal jadi," ujar Abdul Rahman Betan, warga Waiwerang.


Sebagian besar warga memiliki dugaan yang sama dengan Rahman Betan terkait ambruknya pelabuhan Waiwerang ini. Warga menilai pengerjaan proyek ini asal jadi, sehingga badan pelabuhan ambruk dan rusak.


Warga berharap pemerintah kabupaten dan pusat bisa cepat memperbaiki kondisi pelabuhan, sehingga akses transportasi di wilayah kepulauan ini bisa lancar kembali.


"Kami harap pemerintah cepat memperbaikinya, akses transportasi susah jika tak ada ini," ujar Rahman Betan. (art)

Oktavianus Fredi Koban/tvOne

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya